Musik Koplo Musik Identitas Rakyat Indonesia 100 Kota Menuju ‘Koplo International Sound Sensation’ 2023

Uritanet, –  Menggandeng sejumlah pihak diantaranya Batavia Music Company, MDMedia, Youtube Indonesia, Gajah Mada Record, Timeless, Deteksi Production dan masih banyak lagi, gelaran ajang pencarian bakat ‘Koplo International Sound Sensation’ (KISS KOPLO). Bagi masyarakat Indonesia, musik Koplo seperti halnya musik K-Pop di Korea yang telah melanda dunia. Musik Koplo pun sudah menjadi kebudayaan yang mengakar dan tumbuh kuat di masyarakat Indonesia, bahkan Asia Tenggara hingga di dunia.
Musik Koplo menjadi “Musik Milik Rakyat” karena setiap persoalan hidup masyarakat yang dihadapi sepertinya paling enak yaa cuma ‘Di Jogeti’, mengambil istilah almarhum Didi Kempot. Dan musiknya yaaa ‘DiKoploin Aja’. Sehingga tak heran musik koplo mudah meleburkan dirinya dengan musik-musik tradisi lainnya yang ada di masyarakat nusantara ini. Koplo memang identik dengan musik yang paling enak dijogeti. Koplo kini siap menjadi identitas bangsa sebagai salah satu pilar dalam eksistensi global.

Lucky dan Aji dari Batavia Music Company menjelaskan bahwa awalnya tidak mengerti sama sekali apa itu musik koplo. Namun disisi lain, banyak yang antusias terhadap musik tersebut. Bahkan ada yang mau mensupportnya. Termasuk dari CEO Deteksi Production, Harry Koko Santoso dan Teo dari Timeless. Dan selanjutnya dari Muara (Youtube Indonesia) dan Meike (Gajah Mada Record), termasuk dari teman – teman wartawan.

“Sekali lagi terima kasih, program ini memang misinya besar jadi mudah-mudahan tercapai. Dari 100 Kota, nanti big event nya ada di Jakarta. Kenapa namanya internasional mungkin kita bisa membawa artis dari luar bergabung untuk membuat acara koplo ini. Mudah-mudahan musik koplo ini makin berkibar. Musik kita sendiri. Musik identitas bangsa Indonesia,” ujar Lucky lagi.

Sementara itu, Teo dari Timeless pun selaku publishing sangat bangga bisa di ajak berpatner dengan Batavia Musik Company, juga Deteksi Production.  Dan dari Pihak Timeless berharap bisa menjaring sebanyak mungkin karya karya musik dari daerah. Dan kita bisa membantu teman-teman baik dari musisi, artis, pencipta lagu maupun produser.

“Event ini sekaligus sebagai upaya ikut mengedukasi mereka, update terkait industri musik yang aktual saat ini. Dan mengapa kita mengajak Muara dari Youtube Indonesia juga disini, karena banyak teman di daerah yang belum paham seperti apa industri musik di era sekarang. Jadi ketika mereka tidak paham tentang industri dan perkembangannya tentunya itu suatu pertanda buruk untuk budaya kita. Oleh karenanya kita bekerja keras untuk mengedukasi hal tersebut. Dan musik Koplo memiliki kualitas yang sangat besar dan layak kita satukan, ” tambah Teo dalam catatannya. 

Sedangkan Meike dari Gajah Mada Record mengakui bahwa kalau mendengar koplo-koplo kayak begitu, semangat banget. Karena memang kita di Gaja Mada Record basenya dari dangdut dan kita besarnya memang dari musik koplo. Diibaratkan sudah mendarah daging dalam urusan perkoploan ini. Jadi mendengar ada event KISS Koplo 2023, kita dari Gajah Mada Record sangat mensupport untuk event ini. Jadi mangkanya aku bilang, apa yang perlu di bantu, apa yang perlu kita jalankan. Kita harus mensupport, jelasnya.

Perlu diketahui, rangkaian KISS Koplo 2023 akan diawali dengan pre event ‘Road to KISS KOPLO’ dari Barat menuju Timur di 100 Kabupaten/Kota, sekaligus ajang seleksi seluruh peserta atau partisipan dari 300 Kabupaten/Kota yang mendaftar melalui website www. kisskoplo.com dengan menyertakan link video youtube mereka untuk mendapatkan 5 Finalis / hasil seleksi dari setiap kabupaten kota.

Ke-5 Finalis setiap Kabupaten/Kota ini kemudian akan tampil secara live di venue yang telah di pilih oleh penyelenggara di setiap Kabupaten/Kota. Sambil dibuatkan konten dari masing – masing finalis yang akan tampil menyanyikan lagu ber-genre koplo. Dari video konser itulah kita jadikan konten Youtube.  Konten Youtube dari 5 finalis setiap Kabupaten/Kota diproduksi dengan kualitas standart broadcast.  ‘Road to KISS KOPLO’ direncanakan berjalan selama 7 bulan kedepan.

Sedangkan Big Bang event nya sendiri dihelat 2023 nanti di Jakarta, yang dihadiri 11 Grup Koplo dari Asean (apalagi ada moment dimana Indonesia melalui Presiden Jokowi didapuk menjadi ketua Asean ), ditambah 1 partisipan dari Eropa, 1 Amerika, 1 Australia serta 1 perwakilan dari Timur Tengah. Kehadiran dari para partisipan negara — negara sahabat ini diharapkan dapat membawa musik koplo sebagai sebuah identitas musik yang dapat bersaing pada level nasional dan level internasional.

Sebagai catatan penting dari Muara, Partner Manager YouTube di Indonesia Khusus Bidang Musik, bahwa kalau di YouTube Musik nature nya berbeda dan di dalam sistemnya itu rada kompleks. Jadi harus ada tim sendiri untuk menghandle. Nah ketika di undang Teo, cukup surprise. Kiss Koplo 2023 itu event seperti apa.

Intinya, kita disini mau ngumpulin teman-teman di seluruh Indonesia supaya kita bisa mengedukasi mereka, melatih mereka dan supaya mereka lebih berekspresi, sehingga mereka bisa mengeluarkan daya tarik mereka di bidang seni, sekaligus bisa mendapatkan royalti. Dari situ dapat duit intinya, seperti itu.

Ketika mendengar itu langsung terharu, ungkap Muara, jadi kalo di Indonesia,  YouTube selalu berpartner dengan label, ada Aggregator. Aggregator itu semacam perusahaan yang mengagregaikan label-label yang lebih kecil. Karena YouTube itu biasanya berpatner dengan perusahaan yang besar. Kalo perusahaan kecil YouTube itu agak milih-milih seperti itu. Nah kalo aggregator itu perusahaan yang lebih besar tapi dia yang mengaggresikan perusahaan yang lebih kecil supaya bisa komunikasi dengan YouTube, intinya begitu. Terus ada juga perusahaan Publisher yang merepresentasikan Song Creator/Karya cipta atau Penulis Lagu.

Jadi memang kita mendekati teman-teman ini gunanya untuk supaya lagu mereka bisa lisensikan dan bisa moneteis dengan baik di YouTube. Jadi semua happy,  YouTube dapat duit, Aartisnya dapat duit, Pencipta lagu dapat duit, Company dapat duit juga. Jadi semuanya happy.

Dan problemnya ngak banyak Aggregator atau Publisher yang mau melebarkan sayapnya dari Sabang sampai Merauke. Problem lainnya, para seniman belum tau cara moneteis dengan baik di YouTube. Disamping YouTube juga susah untuk datang satu per satu. Jadi YouTube juga mengharapkan temen-temen seperti Publisher atau Aggregator seperti Teo ini datang ke mereka-mereka ini.

Sehingga begitu di umumkan ada Kiss Koplo 2023 ini yang tujuannya untuk merangkul teman-teman yang belum mengerti hal tersebut itu, kami YouTube mensupport sekali.

“Mau di undang boleh, mau ada workshop ayo, mau ada acara gimana, mau support apalagi kira-kira supaya kita bantu. YouTube kan sebuah perusahaan juga tapi tetap gerakan-gerakan seperti ini dari sisi YouTube kita mau support. Nanti kita tinggal pikirkan supportnya seperti apa? Apakah berupa sponsorship? Apakah berupa edukasi dengan artis dengan pencipta itu? Nanti kita bisa bicarakan,” jelas Muara.

Tapi setidaknya acara seperti itu jarang, biasanya teman-teman agregator atau produser itu datang, door to door, yang mau bikin event beginian tuh jarang. Ada beberapa agregator yang muncul di event tapi 1 kuartal 1, atau 1 semester 1 kali. Belum ada yang setiap bulan sekali, tiap bulan 2 kali, jarang, itu jarang. Semoga semakin banyak seperti teman-teman Kiss ini mengeksekusi di Indonesia, masuk ke ranah YouTube,  supaya lebih paham dan mengerti, serta lebih kaya dalam material, pungkas Muara.

Sebagai catatan lainnya, sedikit menengok ke belakang, Koplo hadir dari kota-kota kecil di provinsi Jawa Timur, seperti kawasan industri kota Sidoarjo (terlepas dari sikap pembangkangan atas pakem musik Dangdut Klasik, red). Koplo menjelma menjadi hiburan yang cocok bagi kelas buruh pabrik atau pekerja kasar. Kini Musik Koplo menjadi sebuah cara dalam membawakan sebuah lagu, lagu apa saja bisa “di-koplo”in sehingga menjadi sesuatu yang berbeda dan asyikkk dinikmati.

Musik Koplo adalah identitas, jati diri, ekspresi keeksotisan Indonesia. Koplo bercerita tentang filosofi hidup orang Indonesia, bahwa hidup adalah kesederhanaan yang jika dinikmati bersama adalah sebuah kebahagiaan tertinggi. Segenap emosi kesedihan, kesenangan, kesemrawutan, kehormatan, keragaman dan persatuan rakyat Indonesia. Semua dirangkum menjadi sebuah musik perayaan, musik pelepasan, musik persatuan, musik yang bercerita dan mewakili tentang kehidupan masyarakat Indonesia. Musik Koplo adalah Indonesia.

)***tjoek

Komentar