Penghargaan Tertinggi Medali Ordem De Timor Leste Untuk Panglima TNI Jenderal Andika

Uritanet, – Panglima TNI, Jenderal TNI Andika Perkasa didampingi Ketum Dharma Pertiwi Hetty Andika Perkasa menerima undangan untuk mengunjungi Timor- Leste dalam rangka perayaan hari ulang tahun Falintil ke-47.

Falintil atau Forças Armadas Da Libertaçao Nacional De Timor-Leste merupakan pasukan Angkatan bersenjata yang berjuang untuk pembebasan Timor-Leste pada masa memperjuangkan kemerdekaan. Sebagai pengingat dan bentuk penghormatan jasa para pahlawan atas bakti yang diberikan maka setiap tanggal 20 Agustus diperingati sebagai HUT Falintil.

Timor-Leste merupakan negara yang damai,tidak memiliki musuh dan permasalahan lain,hal tersebut dijelaskan oleh José Manuel Ramos- Horta saat memberikan sambutan pada HUT Falintil yang dirayakan di pelataran Kantor Perdana Menteri Timor-Leste. Dan hubungan erat dimiliki Timor-Leste dengan beberapa negara tetangga seperti Indonesia,Australia dan Portugal terutama pada bidang pertahanan.

Sehingga pada kesempatan itu, Presiden Timor-Leste secara khusus memberikan penghargaan kepada Jenderal TNI Andika Perkasa,Jenderal Angus Campbell dan Laksamana Antonio Menuel Fernandes da Silva Ribeiro dengan menyematkan medali Ordem de Timor-Leste yaitu tanda kehormatan tertinggi yang diberikan kepada tokoh dan warga negara asing atas kontribusi signifikan bagi perdamaian dan stabilitas nasional yang diakui oleh Timor-Leste.

Perayaan HUT Falintil ke-47 juga dimeriahkan oleh penampilan devile dari pasukan perdamaian, para veteran dari beberapa negara dan organisasi pemuda Timor-Leste. Pertemuan ini tidak hanya sekedar menjadi tamu undangan atau delegasi,kehadiran para pemimpin tertinggi bidang pertahanan ini untuk mempererat hubungan bilateral dan multirateral guna mempermudah segala bentuk kerja sama kedepan.

)***

 

 

Komentar