Negara Singapura Siap Olah Daun Kering Nilam Asal Sulawesi Tenggara

Share Article :

Uritanet,- Daun kering nilam merupakan bahan olahan untuk menghasilkan minyak nilam. Selama ini minyak nilam dimanfaatkan sebagai bahan campuran untuk parfum, aroma therapy, dan produk lainnya. Memiliki banyak manfaat yang dimiliki, komoditas satu ini banyak diminati hingga ke mancanegara.

Tanaman Nilam wilayah Sulawesi Tenggara cukup banyak. Budidaya tanaman nilam tersebar hampir di semua Kabupaten Sulawesi Tenggara, maka tak jarang nilam asal (Sultra) sering dilalulintaskan baik secara domestik maupun ekspor. Salah satu negara tujuan yaitu Singapura.

Baca Juga :  Kemendag Luncurkan Platform Pelayanan Satu Pintu “InaExport”

“Bibit nilam tersebut diperiksa fisiknya secara langsung. Dengan melihat secara visual dan hasil uji laboratorium guna memastikan tanaman yang dikirim tidak terdapat gejala, dan bebas dari OPT/OPTK Synchytrium pagostemonis. Selanjutnya diterbitkan phytosanitary certificate sebagai jaminan bahwa komoditas yang akan dilalulintaskan bebas dari OPTK,” ujar Dewi Ratna Wulan, Pejabat Karantina Pertanian Kendari.

Perlu diketahui, untuk memastikan daun nilam yang akan dilalulintaskan terbebas dari Organisme Penggangu Tumbuhan Karantina (OPTK), pejabat Karantina Pertanian Kendari melakukan pemeriksaan fisik dan pengambilan sampel untuk pengujian laboratorium.

Baca Juga :  Tiket KA Jarak Jauh Untuk H-10 Lebaran Keberangkatan dari Stasiun di Wilayah Daop 1 Jakarta Sudah Dapat Dipesan

)**Yuri Gharib/ Berantan Kendari

 

 

Share Article :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *