K.H Ir. Abdul Hakim, M.M, Senator asal Lampung: Puasa Mampu Merevitalisasi Fungsi Tubuh Seseorang

Share Article :

Uritanet,- “Puasa ini bisa merevitalisasi fungsi-fungsi dalam tubuh kita. Dengan berpuasa membuat badan kita jadi sehat,” ucap Abdul Hakim saat hadir dalam Youtube Channel Kabar Senator dengan episode Kuliah Ramadhan di Gedung DPD RI, Jakarta (5/4).

K.H Ir. Abdul Hakim, M.M, Anggota DPD RI asal Provinsi Lampung mengajak seluruh umat Islam di Indonesia untuk menjalankan ibadah di bulan Ramadhan 1443 H dengan sebaik-baiknya. Menurutnya dengan berpuasa akan merevitalisasi fungsi-fungsi dalam tubuh, fikiran, dan tindakan.

Abdul Hakim menambahkan seseorang yang sering melakukan puasa memiliki daya tahan yang tangguh. Lantaran, pusat penyakit semua berasal dari makanan maka penangkalnya adalah dengan puasa.

Baca Juga :  DPD Jakarta Selatan dan Pusat Gibran Center Gelar ‘Gibran Idol’ Jadi Momentum Dukungan Milineal dan Gen-Z

“Dengan puasa nanti disterilkan kembali atau direvitalisasi fungsi tubuh kita. Karena sumber penyakit berasal dari makanan,” imbuhnya.

Terkait dengan berbagai pengobatan seperti tetes mata, hingga himbauan pemerintah untuk vaksin dan booster Covid-19, Abdul Hakim menjelaskan hal tersebut dibolehkan. Selama itu untuk pengobatan luar itu tidak membatalkan puasa, kecuali ada zat makanan atau obat yang masuk ke kerongkongan dan dubur maka hal itu membatalkan.

Baca Juga :  Kukuhkan TKDV Kota Tangerang, Deputi Warsito Dorong Penyesuaian Perpres Vokasi dengan Kebutuhan Daerah

“Terkait dengan vaksin maka sesuai dengan fatwa para ulama hal tersebut dibolehkan di bulan ramadhan dan tidak membatalkan puasa,” jelas Abdul Hakim.

Anggota Komite IV DPD RI ini juga menjelaskan bahwa puasa bukan hanya untuk kesehatan. Puasa juga dapat merevitalisasi fungsi stabilitas emosional dan fikiran seseorang. “Puasa juga membuat seseorang menjadi empati, penyayang, dan sabar. Jadi manfaat puasa yaitu dapat membuat seseorang sangat luar biasa dan produktif.

)**Nawasanga/BiroPemberitaanDPDRI

Share Article :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *