Getah Pinus Senilai Rp.2,9 Miliar Kembali Di Ekspor Ke Portugal

Uritanet,- Pejabat Karantina Pertanian Belawan kembali memeriksa getah pinus senilai 2,9 miliar tujuan Portugal milik CV. LA. Getah pinus sebanyak 176 ton tersebut, bernilai Euro yang sangat fantastis. Pada tahun 2022. Karantina Pertanian Belawan sudah 5 kali mensertifkasi getah pinus tujuan Portugal.

Ekspor getah pinus sangat menjanjikan, karena harganya cukup tinggi sekitar Rp.16,700 bahkan sampai Rp.35,000 / kg. Hal ini membawa sinyal yang baik bagi peningkatan nilai ekspor sesuai dengan gratieks yang di sampaikan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

“Pendampingan ekspor terhadap komoditas apapun yang lalulintaskan dari pelabuhan Belawan, tetap dipantau. Kami selalu memberikan informasi kepada setiap pelaku usaha. Agar proses ekspor sampai ke tujuan dengan baik dan sesuai dengan permintaan negara tujuan,” ujar Andi, Kepala Karantina Pertanian Belawan.

Getah pinus banyak dimanfaatkan sebagai bahan baku industri kosmetik, minyak cat, campuran bahan pelarut, dan keperluan farmasi. Selain getahnya, kayunya juga bermanfaat untuk konstruksi, korek api, dan kertas. Aroma pohon pinus juga kerap digunakan untuk terapi.

)** Yuri Gharib/ BerantanBelawan

 

 

Comment