216Th Keuskupan Agung Jakarta : Jalan Santai Kerukunan dan Kebhinnekaan Lintas Agama’

Share Article :

Uritanet, Jakarta-

Hari jadi Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) ke-216 tahun dirayakan bersama dengan mengadakan Jalan Santai Lintas Agama. Dan turut dihadiri pula oleh Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma serta beberapa tokoh lintas agama di Gereja Katedral, Jakarta Pusat (18/5). Dan jalan santai lintas agama kali ini bertemakan ‘Jalan Santai Kerukunan dan Kebhinnekaan Lintas Agama’, yang dimulai pukul 06.30 WIB.

Tampak Uskup Agung Jakarta Mgr Ignatius Suharyo dan beberapa tokoh lintas agama naik ke atas panggung menyapa seluruh umat yang datang.

Uskup Ignasius Suharyo mengatakan acara jalan santai ini merupakan pemersatu umat lintas agama. Oleh karena itu, hari ini kalau kita olahraga bersama, sebetulnya ada yang jauh lebih daripada itu. Kita berjalan bersama sama lambang dari kesatuan kita dari bangsa Indonesia untuk terus berjalan bersama-sama, katanya.

Ketika kita syukur-syukur bisa berjalan bersama, seperti halnya disimbolkan Gereja Katedral dan Masjid Istiqal. Ini hanya lambang. Tapi lambangnya tidak kelihatan, maka dengan sendirinya persaudaraan, persekutuan akan semakin kuat sebagai bangsa, sambungnya lagi.

Baca Juga :  Panglima TNI Berikan Pengalaman 35 Tahun Kepada Para Perwira di Program Command and Staff Course

Uskup Ignasius Suharyo menambahkan, jika Indonesia dapat memperlihatkan kesaksian tentang persaudaraan, bangsa lain akan mengagumi Indonesia dengan keberagamannya. Dan keterlibatan untuk ikut membangun persekutuan, perdamaian di Indonesia ini akan semakin kuat dan jika semua ini terjadi, kebersamaan kita ini memberikan kesaksian.

Bangsa kita dikagumi oleh bangsa lain justru karena kebersamaan itu. Sekaligus berharap persaudaraan ini terus terjalin antaragama.

“Oleh karena itu, terima kasih kepada komunitas sahabat lintas agama kita. Mari kita terus usahakan berjalan bersama-sama membangun persaudaraan, mengokohkan keterlibatan, dan gembira memberikan kesaksian bahwa kita adalah bangsa yang satu, bangsa yang bercita-cita menuju kesejahteraan bagi seluruh warganya,” imbuhnya.

Baca Juga :  Gus Hilmy: Perempuan Harus Bersedia Terlibat dalam Gerakan Sosial

Terlihat masyarakat lintas agama yang ikut bergabung dalam acara tersebut. Jemaat Katolik yang ikut terdiri atas masing-masing paroki yang ada di Jabodetabek.

Kegiatan ini juga dimeriahkan kesenian Nusantara seperti tanjidor, ondel-ondel, barongsai, dan jatilan. Terlihat juga jemaat menggunakan baju daerah dari berbagai daerah.

Kegiatan pun diakhiri dengan potong tumpeng oleh Uskup Mrg Ignasius Suharyo didampingi tokoh agama yang ada dan melepas peserta jalan santai yang akan berjalan melewati Jl Veteran II Gambir, Jl Perwira, Jl Lapangan Banteng Selatan, Hotel Borobudur, Jl Lapangan Banteng Timur (Kementerian Keuangan), Jl Lapangan Banteng Utara (Kantor Pos), dan kembali ke gereja Katedral.

)***benksu/Nawasanga

Share Article :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *