Swasembada Beras, Listyo Sigit : Polri Siap Backup Jumlah Panen Padi Dari Petani

kapolri jenderal listyo sigit prabowo bertemu dengan menteri pertanian
Share Article :

URITANET – Jenderal Listyo Sigit Prabowo menerima audiensi dari Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo bersama jajaran, di Ruang Rapat Kapolri Mabes Polri Jakarta pada Senin (17/05/2021).

Ada beberapa point terkait penguatan mengenai sektor pertanian dibahas, mulai dari swasembada beras hingga pengawalan distribusi pupuk subsidi bagi petani.

Listyo Sigit menegaskan, bahwa swasembada beras merupakan cita-cita bersama. Dengan adanya swasembada beras, Indonesia tidak hanya bisa untuk mencukupi kebutuhan rakyatnya, selain itu juga bisa melakukan ekspor bagi negara-negara yang membutuhkan.

“Polri siap mem-backup berapa jumlah panen padi dari para petani. Dengan swasembada beras,kita bisa melakukan ekspor,”kata Kapolri dalam keterangan tertulis,pada Senin (17/05/2021).

Terkait mengenai pupuk subsidi, Listyo Sigit sebagai Kapolri meminta support kepada Kementrian Pertanian Syahrul Yasin Limpo berupa data pendistribusian beras.

Baca Juga :  Ayam Bangkok ‘Aduan’ Palembang ke Manado dan Kendari

Baca juga : Produktivitas Manufaktur Indonesia Penuhi Kebutuhan Pasar Domestik dan Ekspor

Dengan begitu, jajaran Polri akan sangat mudah untuk melakukan monitoring, atau pengawasan dalam pendistribusian pupuk subsidi tersebut.

“Agar diberikan petanya sehingga kita tahu pendistribusian pupuk dimana saja. Sehingga amggota saya bisa memonitor,kalau ada yang sesuai bisa ditelusuri dimana akar permasalahannya,yang terpenting petani tidak dirugikan,”tekan Kapolri.

Disisi lain, Listyo Sigit mendukung produksi kedelai dalam negeri dengan melakukan pemetaan terhadap lahan tanam kedelai yang ada, sehingga bisa mendorong untuk produksi kedelai dalam negeri.

“Kedelai dalam negeri harus habis dulu baru ekspor, perlu untuk dihitung (stok kedelai dalam negeri) agar tidak terjadi kelangkaan. Kami sangat mendukung,”tambah Kapolri.

Selain itu Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo sampaikan ucapan terima kasih kepada jajaran Korps Bhayangkara yang selama ini telah banyak berkonstrubusi dalam menjaga kestabilan harga dan ketersediaan pangan.

“Semua sembako dapat terjaga karena Satgas Pangan Polri membantu dengan baik,”tandas Yasin Limpo.

Baca juga : Karantina Pertanian Mengawal Keamanan Pangan Masyarakat

Pria yang akrab disapa SYL ini juga mengharapkan dukungan penuh Kepolisian untuk menjaga sektor pertanian terutama 11 komoditi pertanian prioritas. Misalnya, dalam pertemuan tersebut turut dilakukan nota kesepahaman atau MoU komoditi prioritas pembudidayaan sarang burung walet.

Baca Juga :  Hadapi Resesi Global Genjot Produktivitas Komoditi Lokal

 

Penulis : Git

Sumber : Humas Polri

Share Article :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *