AA LaNyalla Mattalitti : Mitigasi Hal Utama Penanggulangan Bencana Alam

AA LaNyalla Mahmud Mattalitti Ketua DPD RI, (foto : dok. DPD RI)
Share Article :

URITANET – Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, menilai perlunya penguatan penanggulangan bencana. Dikarenakan Indonesia termasuk negara yang rawan terhadap bencana, terutama aspek preventif dan mitigasi.

“Penanggulangan bencana alam sangat penting, mengingat intensitas bencana di Indonesia sangat tinggi. Perlu penguatan dari berbagai sisi namun juga perlu evaluasi,” kata AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, Selasa (18/5/2021).

Baca juga : Masyarakat Hati-Hati dengan Makanan Kedaluwarsa

Dalam sepekan perayaan Hari Raya Idul Fitri saja, sejumlah wilayah di negara Indonesia diterjang banjir dan longsor, yakni beberapa daerah di Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, Aceh, Jawa Barat dan terakhir di Jakarta.

“Bencana datang, kita tangani. Terus menerus begitu saja. Padahal seharusnya ada upaya antisipasi sehingga bencana tersebut dapat diminimalisir,” tuturnya.

AA LaNyalla Mahmud Mattalitti yang juga sebagai Senator asal Jawa Timur, mengingatkan pentingnya mitigasi dan manajemen mengenai bencana alam secara menyeluruh.

“Mitigasi atau pengurangan risiko bencana seharusnya dilakukan sejak jauh-jauh hari. Pemerintah pusat dan daerah tak boleh abai dengan potensi bencana yang akan terjadi,” lanjutnya.

Baca juga : Program Padat Karya Kerjasama Dengan KSOP Ambon

Di sisi lain, LaNyallajuga memandang perlunya mencari akar dari masalah penyebab terjadinya bencana alam. Seperti adanya kerusakan lingkungan, terlambatnya program reboisasi, eksploitasi pertambangan dan sejumlah aktivitas alih fungsi lahan.

“Di sinilah perlunya koordinasi dan sinergi semua pihak. Pemda, BNPB, TNI-Polri tak bisa jalan sendiri karena perlu penanganan khusus agar tidak berputar pada permasalahan yang sama setiap menghadapi kebencanaan,” katanya.

Sumber : Humas DPD RI

Baca Juga :  Rencana Pemerintah Beli Peternakan di Luar Negeri Tidak Sekadar Sensasi

Share Article :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *