Jelang HUT ke-78 TNI, Dandim 0913/PPU Ziarah dan Tabur Bunga Ke Makam Raja Aji Raden Kusuma Bin Aden Oko

Share Article :

Uritanet, Penajam –

Menjelang peringatan HUT ke-78 TNI, Komandan Kodim 0913/PPU Letkol Inf Arfan Affandi didampingi Danramil 03/Waru Kapten Inf H.Imam beserta Para Babinsa, anggota Kodim 0913/PPU dan Penggurus Persit KCK Cab LXV Dim 0913 PPU melaksanakan ziarah dan tabur bunga di makam Raja Aji Raden Kusuma Bin Aden Oko atau pejuang kemerdekaan yang bertempat di Desa Sesulu, Kecamatan Waru, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (04/10).

Acara diawali dengan pembacaan sejarah perjuangan Aji Raden Kusuma bin Aji Anden Oko, dan do’a bersama yang dipimpin oleh Danramil 02/Waru-Kodim 0913/PPU Kapten Inf H. Imam Syafi’i, yang bertempat di pendopo makam .

Baca Juga :  Prof.Deby Vinski : Keindahan, Kebersamaan dan Toleransi Kekuatan Perdamaian Dunia

Dandim 0913/PPU mengatakan ziarah dan tabur bunga ke makam pejuang kemerdekaan bagian dari rangkain acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 TNI, yang jatuh pada hari Kamis tanggal 5 Oktober 2023.

“Rangkaian peringatan hari ulang tahun ke-78 TNI,Kodim 0913/PPU melakukan berbagai kegiatan,hari ini ziarah ke makam Raja juga pejuang bangsa di Desa Sesulu, karena berkat jasa merekalah kita dapat menikmati kemerdekaan,” jelas Dandim 0913/PPU.

“Tadi saat dibacakan sejarah tentang perjuangan Aji Raden Kusuma dan Aji Anden Oko, secara pribadi saya terharu, dimana mereka berjuang tanpa senjata, tanpa perbekalan yang memadai dan tanpa pamrih, hanya satu tekad dapat merdeka dari penjajahan,” ungkapnya.

Baca Juga :  Lord Goldsmith Kagumi Aksi-aksi Iklim Pemerintah Indonesia Mengurangi GRK

Lanjutnya,”Sebenarnya masih banyak para pejuang kemerdekaan yang tidak termaktub di dalam buku sejarah, maka dengan moment ini,kami sampaikan kepada masyarakat jangan melupakan sejarah, sampaikan sejarah perjuangan bangsa secara utuh dan benar kepada generasi muda supaya mereka bisa menghargai jasa para pahlawan, karena bangsa yang besar, bangsa yang dapat menghargai jasa para pahlawanya,” tegas Dandim Letkol Inf Arfan Affandi .

Hadir dalam acara tersebut, Pemangku Adat Paser Aji Kahar, keluarga ahli waris Aji Raden Kusuma bin Aji Anden Oko, Aji Syahruddin, Kepala Desa Sesulu H. Abdul Rahman, Staf Kelurahan Waru, Bhabinkamtibmas Desa Sesulu, Satpol PP dan tokoh masyarakat.

)***git/Pendim 0913/PPU/ YuriGharib

Share Article :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *