Les Trois Mousquetaires…Cerita Klasik Alexandre Dumas 50 Kali Diangkat Layar Lebar/Film Televisi

Share Article :

Uritanet, Jakarta –

Inilah produksi terbaru keluaran cinema house Pathé! ini merupakan bagian pertama dari dua kesinambungan yang baru-baru saja dirilis.

Inilah cerita klasik karya Alexandre Dumas yang mungkin telah ada lima puluh kali diangkat ke layar lebar atau dibuat untuk film televisi. Mengisahkan tentang 3 sekawanan yakni Athos, Porthos dan Aramis yang tetap setia untuk menjadi pengawal Raja Louis XIII walau apapun yang terjadi.

Perseteruan pun terjadi dengan kepala gereja merangkap Perdana Mentri, Cardinal Richelieu yang licik yang pernah dengan sangat baik diperankan oleh Tim Curry. Dan cerita semakin seru dan menarik ketika kedatangan si anak baru yang nanti menjadi anggota keempat, yaitu d’Artagnan dari propinsi Gascony.

Kisah terjadi pada abad 17 yang berlatar belakang perseteruan dengan negara Inggris ketika Raja Louis XIII memerintah dengan suasana politik yang sedang keruh. Raja yang telah menikah dengan Queen Anne asal Austria masih dirundung kegalauan karena ada hembusan gossip kalau sang permaisuri telah berselingkuh.

Sang mantan yaitu Lord Buckingham asal Inggris yang sebenarnya telah merelakan sang kekasih kemudian menjadi pihak yang tertuduh. Dan dia berusaha diperdaya dengan undangan pertemuan palsu sehingga jika tertangkap tangan mereka berdua akan menjadi sah untuk dibunuh.

Baca Juga :  Risma Aw Aw ‘Pamela Anderson’ Versi Dangdut Indonesia Tawarkan Single ‘Tik Tok’

Sayang, dalam pertemuan rahasia jebakan tersebut sang permaisuri memberikan kalung permata sebagai tanda mata perpisahan. Peristiwa ini terdengar oleh seorang mata-mata yang melaporkan kepada Cardinal Richelieu yang malah menyarankan sang Raja untuk meminta permaisuri mengenakan perhiasan tersebut di acara sebuah pesta perkawinan.

Sang Ratu jelas kelabakan dan d’Attagnan berjanji untuk pergi menyeberang ke Inggris untuk kembali mendapatkan.

Bersaing dengan Milady de Winter seorang perempuan yang ternyata mantan istri Athos, yang kini telah berubah menjadi seorang pembunuh bayaran.

Film terasa biasa-biasa saja tidak begitu memberikan greget, tidak seperti film keluaran Hollywood yang pernah heboh dengan bintang-bintang muda. Seperti Chris O’Donnell atau Logan Lerman yang menjadi d’Artagnan atau Milla Jovovich sebagai Milady yang sangat atraktif dan penuh menggoda.

Film yang kali ini diedarkan terpisah dengan film pertama bersub-tajuk d’Artagnan dan nanti akan dirilis dengan Milady sebagai bagian kedua.

Mungkin agak perlu untuk menunggu bagian selanjutnya sebagai konklusi karena dalam bagian pertama ini Milady menjatuhkan diri dari atas tebing yang sangat tinggi dengan jurang berbatu karang dibawahnya.

Alexandre Dumas sebenarnya membuat cerita trilogy walaupun Les Trois Mousquetaires adalah yang paling terkenal tetapi di bagian ketiga ada hal yang sangat menarik dan rancak.

Baca Juga :  Equalizer 3Tayang 1 September 2023

Buku terakhir yang berjudul Le Vicomte de Bragelonne ini pernah difilmkan dengan Leonardo Di Caprio muda sebagai Raja Louis XIV dengan judul The Man In The Iron Mask.

Adaptasi yang ini benar-benar menarik ketika beberapa puluh tahun kemudian diceritakan kalau Raja Louis XIV ternyata mempunyai saudara kembar tertua yang ada di dalam penjara dan dipaksa untuk mengenakan topeng besi supaya tidak lagi dikenali serta tidak bisa berteriak.

Terjadi petualangan yang hebat antara ketiga Mousquetaires yang sudah berusia matang yang harus berhadapan dengan d’Artagnan untuk menukar Raja yang lalim dengan yang lebih baik dan berhak.

Tawanan dengan topeng besi ini memang benar-benar ada di dalam catatan sejarah ketika bekas topeng diketemukan saat penjara Bastille diserang. Tidak ada sejarawan yang tahu pasti mengenai siapa gerangan orang yang mengenakan topeng tersebut dan hanya bisa menduga-duga sampai sekarang.

Ada yang mengatakan lain kalau dia adalah petugas pajak kerajaan yang dijadikan kambing hitam dan dia hanya diperbolehkan menanggalkan topeng saat makan dan sipir penjara tidak pernah menoleh untuk melihat paras sang tahanan.

Dalam film ternyata Raja dan kembarannya yaitu Phillippe adalah anak yang terlahir dari hasil selingkuhan sang Ratu dengan d’Artagnan.

)***Dikutip dari B. Uster Kadrisson

Share Article :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *