Menteri LHK – Pangdam III/Siliwangi : Dukung Inovasi Atasi Sampah

Share Article :

Uritanet, Jakarta

Pertemuan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK),Siti Nurbaya dengan Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) III/Siliwangi, Mayor Jenderal TNI Kunto Arief Wibowo di Manggala Wanabakti, Jakarta (16/02), mendukung  implementasi program lingkungan dan kesejahteraan masyarakat melalui agenda ekonomi sirkuler pengelolaan sampah. Bahkan Pangdam Siliwangi dan tim kerjanya telah menghasilkan sistem pemanfaatan sampah menjadi briket untuk bahan bakar dengan penggunaan mesin hasil buatan masyarakat lokal.

Menteri Siti pun secara seksama mengamati dan mendalami kekhususan teknologi hasil kreasi Kodam Siliwangi. Dirinya menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas inovasi yang bermanfaat tersebut. Selanjutnya memberikan arahan sebagai langkah lanjutan, agar inovasi tersebut dapat dimanfaatkan dalam agenda penanganan sampah dalam pola kerja lingkungan pemukiman di ibu kota Kecamatan.

Baca Juga :  Melawan Ingat, RS.Husada itu RS. Jang Seng Ie

Menteri Siti menyampaikan, terhadap semua proses hulu-hilir atau fokus pada perlatan mesin yang digunakan bisa dilakukan pengurusan hak paten. Kemudian peralatan mesin tersebut merupakan teknologi tepat guna, bisa di scale up dan bisa dimasukan pada E-katalog untuk pengadaan barang dan jasa bagi publik.

Lebih lanjut, inovasi Kodam Siliwangi dan tim akan diperkaya dalam workshop yang direncanakan pada bulan Maret 2023, termasuk inovasi- inovasi lain yang tengah berkembang di berbagai daerah. Selain itu terkait pengelolaan sampah, Menteri Siti dan Pangdam Siliwangi juga berdiskusi terkait progress penanganan sampah dan limbah di Citarum. Menteri Siti berharap, pengalaman di sungai Citarum dapat menjadi model penanganan pencemaran air sungai untuk seluruh Indonesia.

Baca Juga :  Pemerintah Berikan Santunan Kepada Korban Gagal Ginjal Akut Progresif Atipikal Pada Anak-Anak

Hadir, Wakil Menteri LHK,Dirjen PSLB3,Direktur Penanganan Sampah,Kepala Biro Perencanaan,Kepala Biro Humas, Direktur Penegakkan Hukum Pidana, dan Tim Kodam III Siliwangi.

)***Sigit/Tjoek/ Humas LHK

Share Article :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *