The Cooler Earth Sustainability Summit 2022, Misi CIMB Group dan CIMB Niaga Wujudkan SDGs dan Ketahanan Iklim

Share Article :

Uritanet, – Guna memperkuat keselarasan antara Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) dengan tujuan iklim maupun pembangunan negara. CIMB Niaga menghelat The Cooler Earth Sustainability Summit 2022 dengan tema Fasilitating a Just Transitions in Indonesia (23/9).

Presiden Direktur CIMB Niaga, Lani Darmawan menyampaikan bahwa sejak 2019, pihaknya telah menyelenggarakan The Cooler Earth Sustainability Summit sebagai sebuah misi berkelanjutan untuk memobilisasi komitmen dan tindakan kolektif guna membentuk masyarakat yang bertanggung jawab dan planet yang lebih layak huni (Cooler Earth).

Baca Juga :  JNE dan PT. BIBU Sinergi Bisnis Kembangan Jalur Logistik dan Ekspedisi Kawasan Indonesia Timur   

Untuk mendukung keberlanjutan, CIMB Group bersama dengan CIMB Niaga telah memiliki berbagai komitmen seperti target Net Zero Gas Rumah Kaca cakupan 1 dan 2 pada tahun 2030, Penghentian pembiayaan batu bara pada tahun 2040 dan target Net Zero Gas Rumah Kaca cakupan 1, 2 dan 3 pada tahun 2050, kata Lani.

Komitmen tersebut di terjemahkan CIMB Niaga ke dalam beberapa aksi dan inisitif untuk meyakinkan pencapaiannya. Antara lain, Bank telah memiliki berbagai kebijakan untuk meminimalkan dampak negatif dari pembiayaan yang pihaknya lakukan terhadap lingkungan dan sosial. Misalnya, kebijakan Keuangan Berkelanjutan yang mensyaratkan dilakukannya Sustainability Due Diligence untuk memitigasi risiko kebelanjutan dari pembiayaan,.

Baca Juga :  Libur Nataru Makin Seru, Promo 12.12, Tiket PT.KAI Kereta Daop 5 Purwokerto Diskon 20 Persen Eksekutif, Bisnis, Ekonomi

Lebih lanjut Lani mengungkapkan, pihaknya juga telah menyusun Sector Guide untuk beberapa sektor ekonomi yang memiliki risiko keberlanjutan tinggi seperti batu bara; perkebunan kelapa sawit; gas dan minyak bumi; kehutanan; dan sebagainya.

Sector Guide ini memungkinkan CIMB Niaga untuk mendorong nasabah meningkatkan kinerja keberlanjutan mereka, karena nasabah akan diajak untuk memenuhi standar kebelanjutan tertentu sekaligus bertransisi ke ekonomi rendah karbon, pungkasnya.

)***

Share Article :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *