Dandim 0913/PPU Pimpin Aksi Penanaman Mangrove Nasional 2023 di Pesisir PPU

Uritanet, Penajam –

Sebanyak 500 bibit pohon bakau ditanam di pesisir Penajam Paser Utara (PPU). Kegiatan tersebut dilakukan dalam aksi serentak oleh TNI di seluruh Indonesia (15/5).

Penanaman di Benuo Taka difokuskan di Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Penajam. Gelaran ini dipimpin langsung oleh jajaran Komandan Kodim 0913/PPU, Letkol Inf Arfan Affandi, beserta jajaran Polres PPU, jajaran Kejari PPU, dan beberapa pejabat di lingkungan Pemkab PPU.

Baca Juga :  Aiman Mosad Mohamad Atiyah : Perahu Travel Expo 2023 Bisa Membawa Harapan Baik Haji, Umroh, Halal Tour dan Palestina

Setelah melakukan penanaman bibit mangrove secara bersama-sama, kegiatan dilanjutkan dengan menyaksikan sambutan Presiden Jokowi melalui sesi virtual. Dalam sambutannya, Jokowi menyampaikan bahwa penanaman mangrove memiliki fungsi penting, antara lain mengembalikan habitat hewan.

“Mangrove memiliki peran penting, salah satunya adalah mengembalikan habitat bagi kepiting, ikan, biawak, burung, dan masih banyak lagi. Di sini, burung elang sudah mulai kembali datang,” ungkapnya.

Hal tersebut menegaskan bahwa dengan melestarikan kawasan pesisir, dampak positif jangka panjang dapat diperoleh. Jokowi berharap bahwa proses penanaman kembali mangrove tidak hanya dilakukan pada hari ini, tetapi juga di daerah lain kapan pun diperlukan.

Share Article :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *