My Way ‘Comme d’habitude’ Kisah Di Balik Paul Anka dan Frank Sinatra

Share Article :

Uritanet, Bogor –

My Way adalah salah satu lagu paling terkenal dan dihormati yang pernah dibawakan oleh Frank Sinatra. Dirilis pada tahun 1969, lagu ini telah menjadi simbol keteguhan dan individualisme.

My Way sebenarnya berawal dari sebuah lagu berbahasa Prancis berjudul Comme d’habitude, yang diciptakan oleh Claude François dan Jacques Revaux pada tahun 1967. Lagu ini menceritakan tentang rutinitas kehidupan sehari-hari setelah hubungan berakhir.

Paul Anka, seorang penyanyi dan penulis lagu Kanada, mendengar lagu tersebut saat berada di Prancis dan merasa tertarik untuk mengadaptasinya ke dalam bahasa Inggris. Anka kemudian memperoleh hak cipta dari lagu tersebut dan menulis ulang liriknya dalam bahasa Inggris.

Inspirasi untuk lirik baru ini datang dari perenungan Anka tentang kehidupan dan karir Frank Sinatra, yang pada saat itu sedang mempertimbangkan untuk pensiun. Lirik baru ini dirancang untuk mencerminkan perjalanan hidup yang penuh dengan keputusan pribadi dan refleksi diri.

Setelah menulis lirik baru, Paul Anka menghubungi Frank Sinatra dan menawarkan lagu tersebut kepadanya. Sinatra, yang terkesan dengan lirik yang kuat dan relevan dengan perjalanan hidupnya, setuju untuk merekamnya. Proses rekaman dilakukan di Los Angeles dengan aransemen orkestra yang megah, yang memberikan latar belakang dramatis untuk vokal Sinatra yang khas.

Baca Juga :  Sandrina Didapuk Penghargaan AMI Awards ke-25 Lewat Single “Pacar Selingan”

Rekaman My Way dilakukan dengan cepat dan efisien, Sinatra hanya membutuhkan satu kali Take Vocal. Sinatra dikenal karena kemampuannya untuk menyampaikan emosi yang mendalam melalui suaranya, dan dalam lagu ini, dia berhasil menangkap esensi dari lirik yang penuh makna.

Aransemen orkestra yang disusun oleh Don Costa menambah dimensi epik pada lagu ini, membuatnya terasa seperti sebuah deklarasi agung.

My Way dirilis sebagai single pada tahun 1969 dan segera meraih kesuksesan besar. Meskipun tidak mencapai puncak tangga lagu di Amerika Serikat, lagu ini menjadi sangat populer di Inggris dan bertahan di tangga lagu selama 75 minggu. Kesuksesan lagu ini memperkuat status Sinatra sebagai salah satu penyanyi terbesar sepanjang masa.

Lagu ini tidak hanya populer di kalangan penggemar Sinatra tetapi juga di berbagai budaya dan generasi. My Way sering dipilih sebagai lagu untuk upacara kelulusan, pernikahan, dan bahkan pemakaman, karena liriknya yang kuat dan universal tentang menjalani kehidupan sesuai dengan kehendak pribadi.

Baca Juga :  Inilah Cerita Kisah ‘Antagonis’ Aqeela Calista Dalam Sinetron ‘Dari Jendela SMP’

My Way telah menjadi salah satu lagu yang paling sering dicover dan dibawakan oleh artis lain. Lagu ini telah diinterpretasikan oleh berbagai musisi dari berbagai genre, termasuk Elvis Presley, Sid Vicious, dan banyak lainnya. Setiap versi membawa sentuhan unik tetapi tetap mempertahankan esensi dari pesan asli lagu ini.

Selain itu, My Way juga memiliki tempat khusus dalam budaya populer. Lagu ini sering digunakan dalam film, acara televisi, dan iklan, menambah lapisan makna tambahan setiap kali digunakan dalam konteks baru.

Bagi Frank Sinatra, My Way adalah lebih dari sekadar lagu; itu adalah pernyataan tentang bagaimana dia memilih untuk menjalani hidupnya. Lagu ini mencerminkan filosofi hidup Sinatra yang penuh dengan tekad dan keberanian untuk mengambil keputusan sulit dan bertahan dengan keyakinannya.

Meski dikenal sebagai sosok yang kompleks dan terkadang kontroversial, melalui My Way, Sinatra berhasil menyampaikan sisi manusiawi dan introspektif dari dirinya kepada dunia.

)*Moh.Lutfi

Share Article :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *