35 Siswa Bernard Lievegoed College Belanda Antusias Ikuti Program Global Exploration DeTara Fondation di Desa Sukawening Bogor

Share Article :

Uritanet, Bogor –

Sebanyak 35 siswa Bernard Lievegoed College Belanda antusias mengikuti Program Global Exploration yang diiniisasi DeTara Foundation dan Yayasan Global Exploration (Stiching Global Exploration, Belanda) di kampung Sukabakti Desa Sukawening Kecamatan Dramaga Kabupaten Bogor (6/7) dalam kegiatan (6/7).

Para Pelajar dari Belanda ini berkunjung untuk mengenal lingkungan dan kehidupan masyarakat Indonesia. Para Pelajar dari Belanda ini selama 2 pekan akan berada di Bogor, mereka akan belajar tentang seni budaya, lingkungan hidup, pertanian, konservasi dan saling berinteraksi dengan masyarakat tempat mereka menetap selama kegiatan, demikian ungkap Desi Sutejo, pendiri DeTara Foundation.

“Untuk di Desa Sukawening kali ini, para Pelajar dari Belanda tersebut mendapat wisata edukasi dengan mengunjungi kebun jagung dan singkong sekaligus para pelajar ini turun langsung untuk merasakan serunya memanen dua komoditas pertanian tersebut,” tutur Desi Sutejo.

Program Global Exploration (GE) telah dilaksanakan sejak 2011 di Indonesia. Beragam kegiatan seperti saling bertukar seni budaya dan aksi peduli lingkungan hidup telah sukses digelar dalam program ini.

Kegiatan yang menjadi agenda rutin tersebut digelar setiap tahun dengan tujuan mendorong peran aktif generasi muda untuk saling bekerja sama memperbaiki lingkungan, menjaga persahabatan global dan saling menghormati budaya masing – masing negara yang mengusung SDGs (Sustainable Development Goals) atau tujuan pembangunan berkelanjutan.

Baca Juga :  Disdukcapil Pemkab Kayong Utara Study Banding ke Disdukcapil Kota Bekasi

Selain mengunjungi dan memanen komoditas pertanian, para pelajar dari Bernard Lievegoed, juga mengikuti workshop pembuatan sepatu ‘Hand made’.

Di Kampung Sukabakti Desa Sukawening ini selain lahan pertanian, warganya juga memiliki usaha pembuatan sepatu ‘Home Industry’. Ada lebih dari 9 Home Industry, walaupun usaha rumahan, namun kualitas produk sepatu yang dihasilkan adalah kualitas premium dan mampu bersaing dengan produk lain, tentunya dengan harga yang lebih ekonomis, imbuh Desi Sutejo.

Kegiatan Program Global Exploration merupakan gagasan dan keterlibatan aktif dari Stichting Global Exploration Belanda dan DeTara Foundation. Dimulai dari generasi muda mari kita lakukan kegiatan – kegiatan sederhana yang mampu menggerakan masyarakat sekitar kita dan masyarakat dunia demi keberlanjutan kehidupan yang lebih baik bagi generasi sekarang dan untuk di masa depan, tukas Desi Sutejo.

Sementara itu, Kepala Desa Sukawening, Jarkasih menyampaikan apresiasi dan dukungannya atas penyelenggaraan kegiatan GE dari DeTara Foundation ini.

“Selamat datang saya ucapkan untuk para pelajar ini, semoga kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan dan kami di Desa Sukawening siap untuk menyambut setiap tamu ataupun investor yang datang dan ingin menjalin kerjasama di wilayah Desa Sukawening ini,” ucap Jarkasih.

Baca Juga :  Kenal Dekat Mohammad Feriadi Dengan Kegiatan Hobi dan Olahraganya

Anna, pelajar asal Belanda yang fasih berbahasa Inggris ini turut menyampaikan rasa senangnya karena bisa berkunjung dan mengikuti berbagai kegiatan di Desa Sukawening tersebut.

“Saya merasa sangat senang dan terkesan dengan semua yang ada disini, terutama di Desa ini karena keindahan alamnya luar biasa, masyarakatnya juga sangat ramah dalam menyambut kedatangan kami, ini juga pertama kalinya saya ke kebun dan langsung memanen jagung dan singkong, rasa jagungnya manis dan fresh, berbeda dengan yang di Belanda. Saya senang sekali dan semoga nanti bisa berkunjung kembali,” ungkap Anna.

Selaku Kepala Desa Sukawening tentunya mengapresiasi kegiatan ini, program seperti ini sangat positif bagi Desa karena akan lebih banyak lagi yang mengenal Desa Sukawening, keindahan alamnya, keramahan warganya dan hal positif lainnya. Dengan adanya kunjungan para Pelajar dari Belanda ini saya yakin mereka akan memiliki kesan yang baik yang akan disampaikan kepada masyarakat di negerinya, tukas Jarkasih.

)***Tjoek

Share Article :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *