PDIP Sabet Hat-trick Kemenangan Pileg 2024, Golkar dan Gerindra Bersaing Ketat

Share Article :

Uritanet, Jakarta –

Hasil survei terbaru Lembaga Survei Indonesia (LSI) Denny JA, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) kembali memperoleh kemenangan gemilang dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024. Demikian Adjie Alfaraby, peneliti senior LSI Denny JA, mengumumkan temuan tersebut di Jakarta (15/2). Sekaligus, menunjukkan PDIP berhasil mempertahankan dominasinya di kancah politik nasional.

Hasil survei LSI Denny JA memberikan gambaran awal tentang dinamika politik Indonesia pasca-Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Dan dengan PDIP mempertahankan dominasinya di tingkat legislatif, pertarungan politik di tanah air terus menunjukkan gejolak dan persaingan yang sengit di antara partai politik utama.

Baca Juga :  Sekretaris PDI Perjuangan DPC Kota Bekasi Sulitnya Pengurusan PAW 

Seperti diketahui, berdasar survei LSI Denny JA, PDIP berhasil mengamankan 16,82% suara, mengukuhkan posisinya sebagai pemenang Pileg untuk ketiga kalinya berturut-turut.

Prestasi ini menjadikan PDIP sebagai partai yang mampu meraih hat-trick kemenangan dalam kontestasi legislatif, setelah sebelumnya memenangkan Pileg pada tahun 2014 dan 2019.

Namun, keberhasilan PDIP tidak datang tanpa persaingan ketat. Partai Golkar, dengan perolehan suara sebesar 14,93%, dan Gerindra, dengan 13,43%, menunjukkan performa yang kompetitif dalam perolehan suara.

Baca Juga :  Dilema, Waktu Tunggu Berangkat Pergi Haji Harus Menunggu 97 Tahun

Selain PDIP, sejumlah partai lain juga berhasil lolos ke Senayan, seperti Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Demokrat, dan Partai Amanat Nasional (PAN) turut mengamankan kursi di parlemen.

Disisi lain, situasi yang menarik perhatian adalah nasib Partai Persatuan Pembangunan (PPP), yang masih menunggu hasil resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU). Meskipun meraih 3,88% suara dalam quick count, perhitungan resmi masih diperlukan untuk menentukan nasib PPP dalam perhelatan politik kali ini.

)***benksu

Share Article :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *