Terpedo Tentara Jepang Sisa Perang Dunia II Ditemukan di Kawasan Hutan Dekat IKN

Share Article :

Uritanet, PPU –

Kisah tentang militer Jepang di bumi Borneo Indonesia dalam Perang Dunia II bukan cuma hisapan jempol belaka. Buktinya, salah satu mesin pembunuh negeri sakura baru saja ditemukan di wilayah NKRI. Mesin pembunuh itu berupa bom yang diduga torpedo.

Ukurannya besar, sekitar 90 sentimeter dengan diameter 80 sentimeter. Bom itu ditemukan di area hutan tak jauh dari Istana Negara di Ibu Kota Negara (IKN) yaitu di Kelurahan Buluminung, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur

Berdasarkan siaran resmi Kodam Mulawarman (04/01), bom milik militer Jepang itu ditemukan secara tak sengaja oleh dua orang pemburu babi hutan. Ketika ditemukan, benda itu dalam kondisi terkubur di dalam tanah.

Lalu oleh para pemburu babi tanahnya digali dan bom itu ditaruh di lokasi dan segera melaporkan temuan itu. Informasi temuan bom sisa Perang Dunia II itu diterima pertama kali oleh Komandan Koramil 0913/Penajam, Kapten Inf Marthinus Apuy.

Baca Juga :  Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto Didampingi Istri Wiwiek Hargono Hadiri HUT Apeksi Ke-22

Lalu Danramil melapor ke Komandan Kodim 0913/PPU,Letnan Kolonel Inf Arfan Affandi. Setelah mendapat laporan itu, Letkol Inf Arfan Affandi bersama  prajurit TNI langsung menuju lokasi temuan bom untuk memastikan informasi. Dan ternyata informasi itu benar adanya.

Dandim 0913/PPU pun melapor ke Kodam Mulawarman dan kodam merespons dengan langsung mengerahkan tim penjinak bahan peledak TNI Angkatan Darat dari Batalyon Zeni Tempur 17/Ananta Dharma dan Peralatan Angkatan Darat Kodam (Paldam) Mulawarman.

Tim jihandak pun melakukan sterilisasi, lokasi temuan bom dipagari dengan garis kuning. Maklum saja, bom itu berdaya ledak yang sangat mematikan. Semua orang yang berada dalam radius 50 meter dari bom bisa terbunuh jika bom itu meledak.

Baca Juga :  Asep Badai, Waketum Polhubla Ormas Pejabat : Kita Rangkul Warga Berpartisipasi Dalam Pemilu Mendukung Perubahan

Beruntungnya, mesin pembunuh militer Jepang itu sudah tidak aktif. Diduga bom itu dijatuhkan dari pesawat dan terkubur puluhan tahun di lokasi tersebut. Akhirnya bom dibawa tim jihandak ke Satuan Gudang Munisi Daerah Balikpapan untuk dimusnahkan.

Untuk diketahui, Perang Dunia II alias World War II pecah pada tahun 1939 hingga 1945. Ketika itu Indonesia menjadi salah satu negara yang menjadi korban penjajahan militer Jepang hingga peperangan pecah di seluruh wilayah Nusantara. WW II mereda pada 1945 setelah sekutu menjatuhkan bom atom ke Kota Nagasaki dan Hiroshima. Sejak saat itu kekuatan militer Jepang runtuh.

)**git/ yurialgha

Share Article :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *