Dandim 0913/PPU Hadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektor Cegah Stunting

Share Article :

Uritanet, Penajam –

Dalam rangka upaya pencegahan dan percepatan penurunan stunting dan Angka Kematian Ibu (AKI)- Angka Kematian Bayi (AKB), Komandan Kodim 0913/PPU Letkol Inf Arfan Affandi dan Danramil serta para Babinsa Jajaran hadiri acara rapat koordinasi lintas sector yang bertempat di Ruang Pertemuan Lt I Dinkes PPU, Kelurahan Nipah-Nipah, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur (13/09).

Kabid Kesmas Dinkes PPU, Ariyani, S.Kep,Ns dalam sambutannya menyampaikan, ”Kegiatan ini terlaksana atas Kerjasama dinas Kesehatan Bersama PL. Danone Sari Husada, untuk mendukung dan memfasilitasi kegiatan ini agar terwujud terlaksananya program penurunan Stunting di Indonesia”.

Adapun jumlah peserta audiensi adalah sekitar 60 orang yang terbagi dari anggota Babinsa dan Bhabinkambtibmas se Kab PPU perwakilan ibu Bhayangkari dan ibu Persit, dan 4 Kecamatan se Kab PPU.

Baca Juga :  SOLAT JUMAT PERTAMA PASCA HARI RAYA, TRI ADHIANTO HIMBAU WARGA YANG NEKAT MUDIK WAJIB DI SWAB

Dalam kegiatan ini mendengarkan pemaparan dari narasumber ahli yaitu dr. Fuji SPOG dan dr Farah Cathleya Sp. A,” jelasnya.

Dandim 0913/PPU, Letkol Inf Arfan Affandi SE,M.IP dalam kesempatannya menyampaikan,”Perlunya dilakukan langkah awal terhadap ibu hamil untuk mencegah timbulnya stanting pada saat ibu hamil sampai melahirkan sehingga perlu diberikan gizi yang baik, Pola hidup sehat untuk masyarakat itu perlu diberikan sosialisasi kepada masyarakat bagaimana caranya untuk hidup sehat itu dimulai dari usia dini terutama pada wanita,”ungkapnya.

Mari kita manfaatkan untuk menyamakan persepsi kita untuk melakukan langkah-langkah yang diambil oleh pemerintah daerah bersama unsur terkait untuk melakukan penurunan stanting di Kabupaten Penajam Paser Utara, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan keterlibatan lintas sektor dalam pelaksanaan kegiatan percepatan penurunan stunting dan penurunan angka AKI-AKB di Kabupaten Penajam Paser Utara,” jelas Dandim 0913/PPU .

Baca Juga :  Dukung program pemerintah, JNE Vaksinasi 18.800 Karyawan dan Masyarakat Umum

Kerjasama Lintas Sektor Upaya Percepatan Menurunkan AKI-AKB & Stuntin Di Kab. Penajam Paser Utara meliputi, salah satunya yaitu Peran dan tugas Babinsa dan Bhabinkamtibmas pada wilayah Kel/Desa dengan Membantu menerima Laporan Data Dari Kader tentang jumlah sasaran real, berapa yang dilayani, berapa yang tidak dilayani beserta alasannya.

Membantu memastikan Kader, RT, Kades/Lurah, Camat & Puskesmas mempunyai data yang sama, Membantu mengawasi pelaksanaan P4K (Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi), Membantu mengawasi ibu hamil dengan resiko tinggi dan pemberian PMT dan Bay/balita stunting dengan pemberian PMT membantu mengawasi, mengedukasi terjadinya perkawinan diusia remaja.

)***Git/Pendim 0913/PPU / Yur iAlga

Share Article :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *