Metland RUPST 2023 : Bagikan Deviden Rp.10,3 per lembar Saham, Soal 2 Proyek Baru dan Tahun Politik 2024

Share Article :

Uritanet, Bekasi –

PT. Metropolitan Land Tbk (MTLA) menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) untuk melaporkan performa tahun buku yang berakhir pada 31 Desember 2022 (9/6). Laporan tahunan tersebut diterima baik dan mendapatkan pengesahan serta persetujuan di RUPST.

RUPST MTLA untuk tahun buku 2022 yang diadakan di Hotel Horison Ultima Bekasi (9/6) dihadiri Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan antara lain; Presiden Direktur Anhar Sudrajat, Direktur Olivia Surojo, Direktur Wahyu Sulistyo, Direktur Santoso, Direktur Eksekutif Etik Hening, dan Direktur Eksekutif Andi Surya Kurnia.

RUPST membahas empat agenda rapat yakni Pertama,  Persetujuan Laporan Tahunan termasuk Pengesahan Laporan Keuangan dan Laporan Tugas Pengawasan Dewan Komisaris Tahun Buku 2022;

Kedua, Penetapan Penggunaan laba Perseroan tahun buku 2022; Ketiga dan Keempat, Penunjukan Akuntan Publik untuk mengaudit Laporan Keuangan tahun buku 2023 dan penentuan gaji, honorarium dan tunjangan lainnya bagi anggota Dewan Komisaris dan Direksi. Semuanya disetujui dan disahkan, jelas Presiden Direktur Anhar Sudrajat.

Perlu diketahui, tahun buku 2022 MTLA hasilnya baik, yakni perolehan laba bersih sebesar Rp.395 miliar atau sedikit lagi dari Rp.400 Miliar. Atau tumbuh sebesar 6,26 persen dari tahun lalu yakni sebesar Rp. 372 miliar. Kemudian pendapatan usaha  MTLA sebesar Rp1.385 Triliun atau tumbuh sebesar 15,50 persen dibandingkan tahun lalu.

Selanjutnya, jelas Presiden Direktur Anhar Sudrajat, adapun komposisi pendapatan, 68 persen dari Residensial Development; dan 32 persen dari Pusat Perbelanjaan, Hotel, Pusat Rekreasi dan lain – lain.

Berikutnya dari hasil kinerja tahun 2022 MTLA kembali membagikan dividen sebanyak 20 persen dari laba bersih kepada 7.655.126.330 pemegang saham. Dalam rapat menyetujui sekitar Rp.10,3 per lembar saham. Sedangkan Rp.2 miliar dialokasikan sebagai dana cadangan. Sisanya dibukukan sebagai laba ditahan untuk menambah modal kerja Perseroan.

Kita juga akan meluncurkan dua proyek cluster baru, di dua lokasi yakni di Metland Cikarang dan Metland Kertajati.

Kemudian kita baru saja selesai membuka semacam mini mall, itu dimana ada uniqlo yang disebut dengan Neighborhood Store Pertama di Indonesia. Nah ini betul – betul sukses di Menteng Cyber City. Selain Uniqlo didalamnya ada tenant tenant super market, kemudian restoran restoran, yang mungkin nanti akan lengkap sekitar Juli atau awal Agustus. Mudah mudahan dengan kita buka ini, Menteng Cyber City bisa lebih baik, karena tujuan kita untuk meningkatkan values kepada kawasan kita, papar Anhar Sudrajat.

Olivia Surodjo, Direktur PT Metropolitan Land Tbk, pun menambahkan pada Proyek Komersial, Commercial Block di Metland Cyber Puri yaitu One District at Puri dengan anchor tenant fashion asal Jepang Uniglo mulai beroperasi pada tanggal 26 Mei 2023 lalu.

Baca Juga :  BAKN DPR RI Kunjungan Kerja ke PT Gudang Garam, Gempol, Pasuruan, Jawa Timur

Masyarakat sangat antusias dengan adanya Uniglo pertama di Indonesia dengan konsep Neighborhood Store. Kehadiran One District at Puri disambut meriah menjadi destinasi baru karena tidak ada commercial block serupa di sekitar proyek, ungkap Olivia.

Anhar melanjutkan, sedangkan untuk Marketing Sales, sampai dengan April 2023, kita sudah capai resales atau recalling revenue  sebesar Rp.481 Miliar. Jadi mungkin itu untuk beberapa hal dari hasil rapat tadi.

Lantas mengapa target pendapatan dan target laba tercatat flat di annual report?
Karena kita dalam menyusun budget tahun ini, ada beberapa hal yang kita pertimbangkan, Pertama, dalam menyusun itu, mempertimbangkan apakah betul kondisi ekonomi sudah jauh membaik atau belum. Kita waktu itu masih menilai pertumbuhan ekonomi global dunia masih moderat walaupun sekarang keliatan jauh lebih baik.

Pertimbangan yang Kedua, kita melihat ada Pilpres. Pilpres itu sendiri saat kita menghitung budget itu masih belum jelas. Mungkin hari ini sudah semakin jelas, ada tiga pasangan.

Tapi menurut pendapat kami, hari ini mungkin kita bisa lebih optimis. Namun demikian karena budget ini sudah diputuskan, jadi kita akan follow the budget.

“Kita sangat optimis bahwa tahun ini, bisa lebih baik. Karena ada beberapa hal sampai hari ini keliatan growthnya atau situasi marketnya keliatan tidak terpengaruh oleh dua hal tersebut. Lebih bagus nanti hasilnya diatas dibandingkan budgetnya yang terlalu diatas, ” tegas Presiden Direktur Anhar.

Masuk dalam agenda tahun 2023 MTLA terus melakukan pengembangan pada unit Residensial Berjalan dan mempersiapkan proyek residensial baru sebagai proyek pengganti beberapa proyek berjalan yang akan habis, salah satunya yaitu Metland Cikarang yang mengedepankan konsep pengembangan Eco Living.

Baca Juga :  Hadapi Resesi Global Genjot Produktivitas Komoditi Lokal

MTLA juga melanjutkan pemasaran pada produk residensial yang sudah berjalan seperti Metland Transyogi yang meluncurkan New Forster yang dilengkapi kolam renang serta Ivory yang terletak di bulevard. Metland Cibitung memasarkan rumah dua lantai di dalam cluster Havana, Metland Cileungsi memasarkan produk tipe Senna dan cluster The Northbend tahap 3 Metland Cyber Puri yang mulai dipasarkan pada awal kuartal II.

MTLA juga telah menambah satu unit usaha baru yaitu Hotel Horison Ume Suites & Villas Ubud yang berlokasi di Bali yang dilengkapi dengan fasilitas Ume Coffee & Dining Resto dan Day Club.

PT Metropolitan Land Tbk (Metland) didirikan pada tahun 1994 dan terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) sejak Juni 2011. Metland adalah pengembang properti terkemuka dengan pengalaman hampir 30 tahun di Indonesia.

Portofolio Metland saat ini mencakup proyek perumahan dan proyek komersial yang terdiri dari pusat perbelanjaan, hotel berbintang, dan hak milik (strata-tittle).

Proyek hunian Metland terdiri dari Metland Menteng, Metland Puri, Metland Cyber Puri, Metland Tambun Bekasi, Metland Transyogi Cibubur, Metland Cileungsi, dan Metland Cibitung.

Pusat perbelanjaan meliputi Metropolitan Mall Bekasi, Grand Metropolitan, Metropolitan Mall Cibubur dan Plaza Metropolitan di Tambun.

Metland saat ini memiliki enam hotel, yaitu Hotel Horison Ultima Bekasi, Hotel Horison Ultima Seminyak Bali, Hotel Horison Ultima Kertajati, Metland Hotel Bekasi, Metland Hotel Cirebon dan Hotel Horison Ume Suites & Villas Ubud di Bali.

Selain itu, Metland juga memiliki properti komersial perkantoran dan apartemen M Gold Tower, Kaliana Apartment serta fasilitas rekreasi air Waterplay dan Waterland.

)***tjoek

Share Article :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *