Penting Membangun Sistem Logistik Terintegrasi di Indonesia Timur

Dalam kesempatan yang sama, Senator Daerah Pemilihan [Dapil] Provinsi Maluku itu mengaku, sudah menyampaikan kepada Wakil Presiden Ma’ruf Amin selaku Ketua Dewan Otonomi Daerah tentang perlunya dibuka kembali wilayah otonomi baru.

Dalam pembicaraan tersebut Wapres menyatakan pemerintah dengan mempertimbangkan kondisi keuangan negara, moratorium DOB masih berlaku, namun memungkinkan ada beberapa DOB yang secara selektif terpilih melalui kajian yang mendalam dan komprehensif.

Baca Juga :  Asosiasi Pekerja Televisi Breakthrough Dukung Pasangan Moeldoko – Gibran 2024, Terbaik

Dalam keadaan moratorium DOB, pemerintah memberikan kesempatan Papua untuk bertambah menjadi 4 provinsi, oleh karena itu Nono Sampono juga berharap ada perhatian perlunya pemekaran wilayah baru di wilayah-wilayah perbatasan.

Nono menjelaskan, terdapat 173 wilayah DOB (13 DOB dari Maluku) yang diusulkan oleh DPD RI periode lalu. Untuk menentukan daerah yang dapat menjadi wilayah baru tambah dia, maka perlu dilakukan kajian komprehensif dengan mempertimbangkan berbagai aspek.

“DPD RI, Komisi II DPR dan Kemendagri kita membahas bersama. Ada 173, tetapi tentu kita akan melihat mana yang sangat prioritas,” jelasnya.

Share Article :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *