Dorong RUU Pelestarian Budaya Adat Kerajaan Nusantara Jadi UU

Share Article :

Uritanet, Surabaya –

Rancangan Undang-Undang Perlindungan dan Pelestarian Budaya Adat Kerajaan Nusantara (RUU PPKAKN) didorong untuk segera disahkan menjadi Undang-Undang. Dalam kerangka memberikan perlindungan serta pelestarian budaya adat kerajaan Nusantara yang sampai saat ini masih eksis.

“Penting bagi kita untuk memperhatikan kerajaan dan kesultanan Nusantara yang faktanya banyak berkontribusi bagi Republik ini,” jelas Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti saat bertemu Budayawan Argadjendra Sentot (13/5).

Eksistensi Kerajaan dan Kesultanan di Nusantara penting untuk diperhatikan oleh negara. Sebab, Kerajaan dan Kesultanan Nusantara memiliki sumbangsih yang besar terhadap kelahiran Republik ini.

Sudah sepantasnya bangsa ini memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada Kerajaan dan Kesultanan Nusantara.

Baca Juga :  Kesultanan Buton, Kesultanan Islam yang Hampir Dilupakan

Dan fakta sesungguhnya, Kerajaan dan Kesultanan Nusantara sebagai entitas di Nusantara, sangat berjasa besar dalam proses lahirnya bangsa, tutur LaNyalla.

Indonesia lahir dari peradaban besar dan unggul, yakni peradaban Kerajaan dan Kesultanan Nusantara. Dari merekalah kita mewarisi banyak tradisi dan nilai-nilai luhur. Maka, apa yang telah diwariskan oleh Kerajaan dan Kesultanan Nusantara. Wajib bagi kita untuk melestarikannya, tutur LaNyalla.

Sementara budayawan Argadjendra Sentot mengapresiasi langkah gerak LaNyalla yang menurutnya memiliki komitmen kuat terhadap tradisi, adat dan budaya bangsa ini.

Baca Juga :  266 Th Pura Mangkunegaran Gelar Festival Musik, Kuliner, dan Half Marathon

“Beliau ini juga memiliki perhatian yang begitu besar terhadap Kerajaan dan Kesultanan Nusantara. Saya kira saat ini, hanya LaNyalla yang paham dan sadar betul akan peran penting Kerajaan dan Kesultanan Nusantara bagi proses terbentuknya Republik ini,” tegas Sentot.

Sentot juga mengucapkan apresiasi kepada LaNyalla yang terus mendorong revitalisasi Kerajaan dan Kesultanan Nusantara yang saat ini kondisinya bisa dibilang memprihatinkan.

Sudah sepatutnya nilai-nilai mereka direvitalisasi, termasuk bangunan fisik hal lainnya yang selama ini mereka korbankan untuk Republik ini. Kita tak boleh menafikan sejarah tersebut, pungkas Sentot.

)***Nawasanga

Share Article :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *