Rizal Ramli: Diperlukan Pendidikan Yang Memanusiakan Manusia

Share Article :

Uritanet, Jakarta –

Peringatan Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada Selasa, 2 Mei 2023 adalah merupakan hari peringatan yang sangat penting dan bersejarah bagi bangsa dan negara kita. Situasi dan kondisi bangsa negara kita saat ini tidak bisa lepas dari dunia pendidikan.

Terkait dengan Hardiknas yang jatuh pada hari Selasa, 2 Mei 2023, melalui pesan WhatsApp meminta pandangan tokoh yang juga ekonom senior, Dr. Rizal Ramli.

Menurut Mantan Menko Ekonomi, bahwa saat ini kita memerlukan pendidikan yang membebaskan manusia Indonesia dari kemiskinan dan ketergantungan struktural. Yang membuat manusia lebih manusiawi, bermaanfat untuk diri, keluarga dan bangsanya.

Kita ketahui bahwa kondisi saat ini banyak persoalan yang merugikan kehidupan rakyat dan negara. Hal ini terjadi akibat moral para oknum pejabat negara yang hanya mengedepankan kepentingan pribadi dan kelompoknya ketimbang keperluan bangsa dan negaranya.

Baca Juga :  Minta Kemendagri Penunjukan PJ Kepala Daerah Utamakan Putera Daerah

Praktek tidak memanusiakan manusia saat ini kerap terjadi, salah satunya adalah praktek penyimpangan. kekuasaan dan praktek korupsi.

Penyimpangan kekuasaan dan korupsi adalah salah satu praktek yang paling dominan dan merugikan bangsa saat ini,yang dilakukan oleh oknum penyelenggara negara. Disamping itu praktek penyelewengan keadilan dan penegakan hukum.

Dalam berbagai hal, Dr. Rizal Ramli (RR) selalu mengingatkan betapa pentingnya pendidikan menuju kehidupan bangsa dan negara yang lebih baik, sejahtera yang berdasarkan pada aturan konstitusi negara.

Baca Juga :  Paska Jamuan Makan Jokowi dengan Tiga Capres, Publik Tak Yakin Presiden Bisa Bersikap Netral di Pilpres 2024

Hal itu telah dilakukan RR saat ia dipercaya negara untuk mengatasi berbagai persoalan penyimpangan penggunaan anggaran negara dan upaya peningkatan ekonomi nasional.

Salah satu contoh, ketika RR berhasil menekan aksi para koruptor, khususnya dilingkungan Badan Urusan Logistik (BULOG) diawal reformasi yang tengah hadapi krisis multi dimensi bangsa kita saat itu.

Dari fakta jejak rekam digital, RR mampu realisasikan amanah Presiden saat itu (Gus Dur, Megawati Soekarno Putri) untuk perbaikan ekonomi nasional, salah satunya meningkatkan kesejahteraan Petani, UMKM, dan penyelamatan ekonomi rakyat.

Karena itu RR bersama Pemerintah saat itu berhasil melewati berbagai persoalan bangsa dari keterpurukan yang lebih dalam.

)***git/ tjoek

Share Article :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *