Siapa Manusia Terkaya di Planet Bumi

Share Article :

Uritanet, Jakarta – 

Jika dirunut sepanjang sejarah manusia, siapa manusia terkaya sejak adam dan hawa!?.. Qarun? Bukan. Nabi Sulaiman?. Bukan! Jeff Bezos di abad ini!?.. juga bukan! Lalu siapa!?..

Dialah; King Mansa Musa yang menguasai daratan Africa yang berpusat di Mali. Sumber kekayaan dari hasil bumi. Diperoleh dari rakyat juga untuk rakyat. Rakyatnya sejahteta ketika ia memimpin Africa di abad ke XII. Dan kekayaan King Mansa Musa, bukan seperti di negeri Pajak, dari rakyat untuk Oligarki atau dari rakyat untuk penguasa. Benar benar kekayaan untuk seluruh rakyatnya.

Baca Juga :  Prof. Nunung Nuryartono: Indonesia Siap Memimpin Perubahan Global Melawan Kelaparan dan Kemiskinan di Forum G20

Ketika musim haji tiba, Raja Mansa Musa mengirim puluhan ribu tiap tahun untuk melaksanalan ibadah haji. Bahlan pernah pada puncaknya ia mengirim karavan haji ke tanah suci makkah sebanyak 60.000 jamaah. Bayangin aja ongkosnya sebanyak itu makan minum berbulan bulan perjalanan haji!

Dalam pemerintahannya, ia tidak membeda bedakan kaya miskin keluarga kerajaan atau rakyat biasa. Ia memerintah benar benar mengikuti khalifa Umar bin khattab. Ia tidak memaksakan kekuarganya untuk pejabat.

Baca Juga :  Agus Harimurti Yudhoyono Nyatakan Move On Dari Polemik Anies Baswedan-Cak Imin

Ia benar benar adil dan makmur terhadap pemeluk agama. Dia konon paling tidak suka dipuji, ia menyerukan selalu memuji kepada Allah swr saja!

Saat idul korban tiba, dipastikan seluruh rakyatnya menikmati hewan qurban. Tak boleh satupun yang tidak menikmati walau non muslim. Tak ada terdengar korupsi di zamannya!

Semakin ia membiayai kegiatan ummat untuk beribadah, semakin melimpah hartanya dari hasil panen dan tambang! Ketika ia meninggal dikabarlan bumipun menangi dengan turun hujan yang cukup lama.

)***istimewa/yuriagni

Share Article :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *