266 Th Pura Mangkunegaran Gelar Festival Musik, Kuliner, dan Half Marathon

Share Article :

Uritanet, –

Peringatan Adeging Pura Mangkunegaran bakal membawa kemeriahan untuk masyarakat. Menggandeng Katadata Indonesia dan Yayasan DNC, Pura Mangkunegaran menghadirkan Festival Musik, Kuliner Laras Hati Mangkunegaran serta half marathon Mangkunegaran Run in Solo.

Rangkaian puncak perayaan hari jadi ke-266 Pura Mangkunegaran (12/3) itu bakal dimeriahkan sejumlah musisi nasional dan aneka sajian makanan legendaris. Festival musik dan kuliner akan digelar di lapangan atau Pamedan Pura Mangkunegaran. Sedangkan rute half marathon dengan kategori 5, 10, dan 21 kilometer akan melintasi sebagian Kota Solo.

Pemimpin Pura Mangkunegaran, Sri Paduka Mangkoenagoro X, mengatakan Festival Musik dan Kuliner Laras Hati Mangkunegaran merupakan bentuk pemajuan budaya yang menjangkau masyarakat luas dan dikemas sesuai kondisi masa kini.

“Regenerasi di masyarakat terus terjadi, namun kebudayaan harus dilestarikan. Laras Hati Mangkunegaran merupakan kolaborasi antara Pura Mangkunegaran dengan Katadata Indonesia dan Yayasan DNC untuk menjaga kebudayaan,” ujarnya.

Musik dan kuliner dipilih karena sifatnya yang universal. Pura Mangkunegaran menjadikan kedua hal itu sebagai perangkat komunikasi dan interaksi dengan masyarakat luas. Festival Musik dan Kuliner Laras Hati Mangkunegaran juga dirancang untuk meningkatkan pengetahuan dan penerimaan masyarakat secara luas pada Pura Mangkunegaran. Dengan adanya Festival Laras Hati Mangkunegaran dan Mangkunegaran Run in Solo, masyarakat bisa datang ke Pura Mangkunegaran.

Baca Juga :  Napak Tilas Kerajaan Galuh di Situs Cagar Budaya Karangkamulyan, Kabupaten Ciamis

“Harapannya, masyarakat belajar tentang Pura Mangkunegaran dan beraktivitas di Pura Mangkunegaran. Acara ini bukan hanya milik Pura Mangkunegaran, namun milik masyarakat Solo dan sekitarnya,” ujar Sri Paduka Mangkoenagoro X.

Direktur Sisit by Katadata yang sekaligus Ketua Penyelenggara Festival Musik dan Kuliner Laras Hati Mangkunegaran serta Mangkunegaran Run in Solo, Marah Andikha, mengatakan bahwa rangkaian ini bagian penting perayaan hari jadi ke-266 Pura Mangkunegaran.

Sementara menurut Marah Andikha, acara Laras Hati Mangkunegaran bukanlah konser biasa. “Artis yang hadir nanti beragam dan lintas generasi,” ujarnya.

Sejumlah musisi nasional hadir meramaikan festival tersebut, antara lain grup musik RAN, Marion Jola, dan Vina Panduwinata. Ada pula grup musik Diskoria, penyanyi Brigitta Hardi bersama Paduan Suara Mahasiswa Voca Erudita Universitas Sebelas Maret Surakarta, pelantun lagu keroncong Endah Laras, serta penampilan spesial Tribute to Didi Kempot.

Baca Juga :  Festival Adat Kerajaan Nusantara I Resmi Digelar

Selain menyaksikan hiburan musik, pengunjung Festival Laras Hati Mangkunegaran juga bisa menikmati beragam kuliner dari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Solo. Selain aneka makanan dan minuman legendaris, di festival kuliner itu akan ada pula pembagian paket minuman dan makanan gratis untuk pengunjung.

Vina Panduwinata menyatakan sangat senang dapat tampil di Festival Musik dan Kuliner Laras Hati Mangkunegaran. Penyanyi legendaris Itu sudah mempersiapkan diri dengan baik untuk menghibur masyarakat pada Laras Hati Mangkunegaran.

“Acara ini sangat meriah. Ajak teman, keluarga, pacar untuk menikmati pertunjukan musik dan berbagai kuliner di Laras Hati Mangkunegaran,” kata Vina.

Sementara penyanyi Brigitta Hardi mengatakan akan ada banyak kejutan dan kebahagiaan di festival itu. “Kemeriahannya amat sayang untuk dilewatkan,” ujar Brigitta.

)***YuriAlga/fotoBrigHar

Share Article :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *