Andika Perkasa dan Yusril Izha Mahendra Sosok Potensial Isi Kursi Menteri

Share Article :

Uritanet, – Jendral TNI (Purn) Andika Perkasa hingga Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB)  Yusril Ihza Mahendra dinilai merupakan sosok yang potensial mengisi kursi menteri bila Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan reshuffle kabinet. Hal tersebut diungkapkan Pengamat Politik, Agung Baskoro saat melihat ada sejumlah opsi yang bisa diambil Presiden Jokowi untuk menggantikan posisi menteri jika kader NasDem di-reshuffle dari pemerintahan.

Agung mengatakan selain dari kalangan politisi, kalangan profesional hingga purnawirawan TNI juga berpotensi besar mengisi jabatan menteri. Seperti mantan Panglima TNI, Jenderal (Purn) TNI Andika  Perkasa hingga Yusril Ihza Mahendra.

Baca Juga :  Puncak Musra, 3.000 Relawan Moeldoko Dukung Moeldoko Sebagai Cawapres Ganjar Pranowo

“Menimbang relasi Presiden Jokowi dengan kedua sosok ini sangat baik. Dan secara kompetensi, baik Andika maupun Yusril punya rekam jejak yang mentereng di bidangnya, baik soal Hankam di sisi Andika dan Hukum di sisi Yusril,”ujar Agung dalam keterangan tertulisnya (15/1) di Jakarta.

“Namun pertanyaan mendasarnya mengemuka, Apakah Andika mewakili Nasdem atau profesional sebagaimana Hadi Tjahjanto yang ditunjuk jadi Menteri Agraria dan Tata Ruang pasca- pensiun dari TNI/Panglima,” sambungnya.

Hal tersebut, kata Agung karena melihat bahwa Presiden Jokowi saat ini cenderung membutuhkan kekuatan politik yang solid. Lantaran diperkirakan Partai NasDem akan bergabung bersama dengan Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sebagai oposan Pemilu 2024 mendatang.

Baca Juga :  Panglima TNI: Kerja Sama Intelijen Militer Dengan Negara-negara Tetangga Untuk Amankan Puncak KTT G20

Hal serupa juga disampaikan oleh Direktur Eksekutif Centre for Indonesia Strategic Actions (CISA), Herry Mendrofa. Ia mengatakan bahwa selain politisi, potensi kekosongan kursi menteri dapat diisi oleh kalangan profesional. Selain Jenderal (Purn) TNI Andika  Perkasa yang disebutkan tadi, ada juga mantan Ketua Kadin Rosan Roeslani yang juga dinilai bisa menjadi opsi untuk menempati kursi menteri.

“Profesional bisa berasal dari kalangan organisasi pengusaha seperti KADIN, mantan Ketua Kadin seperti Rosan Roeslani,”ujarnya.

)***Sigit/Tjoek

 

 

Share Article :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *