Jialyka Maharani Raih ‘Lentera Pemuda Lokal Bumi Sriwijaya’

Uritanet, – Jialyka Maharani S.Ikom, Anggota DPD RI Perwakilan Provinsi Sumatera Selatan, Jumat 28 Oktober 2022 mendapatkan penghargaan ‘Lentera Pemuda Lokal Bumi Sriwijaya’. Sebagai anak muda yang inspiratif dan berprestasi, baik di tingkat lokal maupun nasional. Menurut Jialyka, penghargaan tersebut bentuk kepercayaan publik yang diberikan kepadanya. Sekaligus menjadi pengingat baginya untuk senantiasa berkarya untuk Indonesia.

“Sejak era kolonial, pemuda Indonesia telah menjadi lokomotif perubahan. 94 tahun lalu, pemuda Indonesia dari berbagai suku, agama, ras, antar golongan, telah membuktikan betapa besar peran pemuda dalam upaya meraih kemerdekaan. Momentum tersebut merupakan sejarah besar bagi kebangkitan Pemuda, oleh karena itu sebagai generasi pemuda penerus bangsa kita harus meneruskan semangat tersebut,” ujar Jialyka.


Kondisi demografi Indonesia saat ini didominasi oleh generasi muda. Berdasarkan data BPS, diketahui bahwa proporsi populasi Generasi Z dan Generasi Milenial terbesar di Indonesia. Tercatat 53% penduduk Indonesia saat ini didominasi oleh generasi Z dan generasi millennial, ini akan menjadi hal yang positif bagi negara jika generasi tersebut juga diimbangi dengan kreativitas, karya, kontribusi dan integritas untuk membangun bangsa.

“Semua itu terwujud jika negara memberikan akses dan kesempatan bagi pemuda,” tegas Jialyka.

Sebagai catatan, Jialyka Maharani pun telah meraih beberapa penghargaan baik di tingkat lokal maupun nasional, seperti Penghargaan Moeslim Choice Award, sebagai tokoh muda inspiratif di bidang Democracy;  Penghargaan Pandu Tani Award, sebagai tokoh muda yang peduli dengan pertanian di Indonesia; dan Peraih Rekor MURI sebagai Anggota DPD/MPR RI termuda di Indonesia sepanjang sejarah.

)***Nawasanga

Comment