Napak Tilas Kerajaan Galuh di Situs Cagar Budaya Karangkamulyan, Kabupaten Ciamis

Share Article :

Uritanet, – Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) III/Siliwangi, Mayor Jenderal TNI Kunto Arief Wibowo melakukan napak tilas Kerajaan Galuh di Kabupaten Ciamis. Napak tilas itu dilakukan di situs Cagar Budaya Karangkamulyan, Kecamatan Cijeunjing, Kabupaten Ciamis.

Dalam melakukan napak tilas, Pangdam Siliwangi ditemani oleh Wakil Bupati Ciamis,Yana D Putra. Yana mengatakan, Kerajaan Galuh merupakan cikal bakal dari Kabupaten Ciamis. Perubahan nama dari Kabupaten Galuh menjadi Kabupaten Ciamis terjadi pada 1915. Perubahan nama itu diresmikan oleh Tumenggung Sastrawinata.

Baca Juga :  Desa Wisata Cibuntu Didorong Turut Serta Dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021

“Pada 1915 Tumenggung Sastrawinata secara resmi mengubah nama Kabupaten Galuh menjadi Kabupaten Ciamis dan sampai sekarang,”katanya.

Pangdam Siliwangi mengatakan, maksud dan tujuan kedatanganya tersebut selain untuk bersilaturahmi dengan pemerintah dan masyarakat Ciamis juga untuk napak tilas kepada para leluhur. Dia berharap, dengan kegiatan napak tilas itu, nilai-nilai baik yang terkandung dalam Kerajaan Galuh dapat diterapkan pada kehidupan saat ini.

“Harapan dari napak tilas ini, mari kita sama-sama menata kembali tata krama yang beradab sebagai warisan leluhur kita,” kata Pangdam III/ Siliwangi, Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo.

Dalam kesempatan tersebut Pangdam Siliwangi beserta seluruh jajaran dan tamu undangan melakukan nyekar atau tabur bunga di petilasan pangcalikan atau singgasana raja. Napak tilas tersebut merupakan bagian dari rangkaian kunjungan Kerja Pangdam Siliwangi di Kabupaten Ciamis.

Baca Juga :  Inilah Pulau Selebriti Mancanegara di Indonesia yang Inginkan Ketenangan, Keindahan dan Kenyamanan

)**Sigit/ Pendam III/Siliwangi

Share Article :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *