Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah : Pemecatan Terawan dari IDI Tidak Masuk Akal

Uritanet,- Menurut Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah pemecatan Terawan dari IDI tidak masuk akal, sebab sosok Terawan sangat dikenal di kancah internasional karena berbagai gebrakannya di bidang kesehatan. Lantaran berprestasi Terawan bahkan sampai diangkat menjadi Ketua Dewan Kehormatan Dokter Militer se-Dunia.

“Jangan lupa, rekam jejak Terawan di dunia kedokteran juga telah berskala nasional bahkan internasional. Terawan saat ini masih dipercaya sebagai Ketua Dewan Kehormatan Dokter Militer se- Dunia,”kata Ahmad Basarah (4/4) di Jakarta. 

Adapun terawan didepak dari keanggotan IDI secara permanen dengan sejumlah alasan yang oleh sejumlah pihak dirasa sangat janggal. Salah satu alasan yang menjadi sorotan adalah karena dia memproduksi vaksin Nusantara untuk Covid-19. Ahmad Basarah juga ikut menyoroti alasan IDI yang satu ini,menurutnya gebrakan Terawan soal vaksin Covid-19 seharusnya didukung oleh IDI bukan malah dicekal.

Dia mengatakan vaksin Nusantara yang diinisiasi Terawan sudah sejalan dengan keinginan Presiden Joko Widodo yang selama ini menggaungkan untuk menggunakan barang-barang produksi dalam negeri. Apa yang dilakukan Terawan memproduksi Vaksin Nusantara adalah wujud tindakan patriotisme, nasionalisme dan wujud cinta karya anak bangsa sendiri, tegasnya.

Di sisi lain, juru bicara IDI Beni Satria mengatakan,pihaknya sejatinya sudah berupaya melakukan mediasi dengan dr Terawan. Baik melalui surat,pesan singkat WhatsApp,sampai sambungan telepon.

“Kemungkinan diberikan ruang lagi. Tapi ini kan tidak mendapat (respons) yang baik,”katanya. 

PB IDI juga disebut Deni Satria menyambut baik mediasi yang diinisiasi Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Pihaknya berharap, mediasi ini bisa mengurai kegaduhan sekaligus memberikan pemahaman kepada masyarakat. Namun, PB IDI hingga saat ini belum menerima surat pemberitahuan secara resmi terkait mediasi tersebut.

“Ini yang kita tidak tahu,rencana ini kapan. Kalaupun ada surat resmi,tapi sampai hari ini tidak ada surat resminya,” katanya.

Nama Mantan Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto belakangan menyedot  perhatian publik setelah dirinya dipecat dari keanggotaan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dengan berbagai alasan. Setelah dipecat. Terawan justru banjir dukungan dari berbagai pihak.

)**Sigit

 

Comment