Perspektif Baru Tiga Perempuan Disabilitas Hebat Dari Timur Tengah 

Share Article :

URITANET,-

Inilah kisah tiga perempuan disabilitas hebat dari Timur Tengah yang menjadi cover Majalah Voque Arabia yang patut diacungi jempol, Dareen Barbar, Rania Hammad dan Zainab Al-Eqabi.  Ketika ketiga para perempuan ini kehilangan kaki mereka, mereka memperoleh perspektif baru tentang ketahanan jiwa manusia. Lantas, bagaimana mereka memperlakukan tubuh mereka?

“Ada perubahan besar di kawasan ini,” kata Dareen Barbar, salah satu perintis perempuan Timur Tengah dengan disabilitas yang menantang status quo, mengubah persepsi, dan membangun penerimaan.

Berjuang untuk keragaman dan mode inklusif, ketiga wanita di sini tidak hanya diamputasi kaki tetapi juga model, atlet, pemecah rekor, dan pembicara inspirasional. Masing-masing telah mengalami trauma, mengatasi kesulitan, dan menunjukkan keberanian yang luar biasa, membuktikan, dalam kata-kata Rania Hammad, bahwa “segalanya mungkin.”

Kesulitan mereka yang mengerikan dan kisah tekad yang kuat memiliki kekuatan untuk beresonansi dengan semua orang, menunjukkan apa yang dapat dicapai dengan dukungan, pikiran terbuka, dan kebersamaan.

Para wanita ini berharap, di masa depan, mereka tidak lagi distigmatisasi, tetapi paparan dan pendidikan menormalkan perbedaan yang mereka rasakan dan bahwa kehadiran mereka diterima karena kekuatan mereka.

Dareen Barbar
Ibu dua anak dan atlet yang kakinya diamputasi dari Libanon ini telah menembus banyak rintangan. Atlet berusia 43 tahun itu menjadi atiet pertama di dunia Arab yang menyelesaikan triathlon dengan kaki palsu.

Dia adalah orang yang diamputasi pertama yang berpartisipasi dalam peragaan busana kecantikan dan kebugaran wanita dengan orang orang berbadan sehat di London, dan menjadi duta adaptif pertama untuk merek besar di Timur Tengah ketika dia bergabung dengan Adidas.

Juni lalu, dia memecahkan Rekor Dunia Guinness untuk duduk di dinding statis terlama untuk wanita yang diamputasi, memegangnya selama dua menit dan 8,24 detik.

Dareen kehilangan kakinya pada usia 15 tahun karena sarkoma osteogenik, sejenis kanker tulang yang langka.

“Saya merasa hidup ini tanpa harapan, bahwa dunia telah berakhir’ katanya tentang dirinya yang masih remaja, yang merupakan pemain bola basket yang handal sebelum diamputasi di atas Jutut.

“Dulu saya tidak percaya bahwa saya bisa menjadi seseorang dan menjadi sesuatu dan memiliki tujuan,’ kenangnya.

Sekarang, dia menginspirasi orang lain untuk mengembangkan kepercayaan diri dan percaya diri dengan tujuan untuk mempengaruhi masyarakat yang lebih luas.

Baca Juga :  Penyu – Penyu Lekang Buah Cinta Karel Indey dan Warga Kampung Yewena

“Kita harus lebih inklusif dan lebih terbuka, dan merayakan perbedaan;’ katanya.
“Semakin banyak orang melihatnya, semakin normal.”
Perjalanannya setelah diamputasi penuh gejolak.
“Saya kecewa dengan reaksi dunia,’ katanya.
“Itulah yang membuat saya merasa tidak aman; itulah yang menghancurkanku.
Saya ingin pergi ke sana dengan sikap positif.
Saya ingin terus maju, terlepas dari rasa sakit dan semua kesulitan yang saya hadapi.”

Dia ingat tumbuh di Lebanon, negara yang hancur setelah perang, tidak dapat menemukan fasilitas, kekurangan listrik, dan berjalan enam lantai dengan kaki palsu yang berat.

“Yang membuat penderitaan lebih berat adalah reaksi orang — pertanyaan, penampilan, rasa kasihan’’ kenangnya.

Hari ini, didukung oleh pekerjaannya sebagai motivator dan kegiatan atletik, Dareen merefleksikan, “Saya akan memberi tahu diri saya yang berusia 15 tahun, pasca operasi untuk bersabar, tidak peduli apa yang orang lain pikirkan, dan percaya pada diri saya sendiri.’

Rania Hammad
lbu kelahiran Mesir dan penggemar mode dan desainer Rania Hammad sedang hamil enam bulan ketika dia ditabrak kereta api di London, pada tahun 2018. Dia kehilangan kakinya di atas lutut di tempat tapi anaknya yang belum lahir selamat. Sejak kecelakaan itu, Hammad telah menjalani lebih dari 30 operasi dan komplikasi, serta menjalani rehabilitasi berkelanjutan.

“Pada saat itu, saya merasa seperti segalanya hilang juga — jiwa saya, hati saya, dan hidup saya,’ jelas Hammad di akun Instagram nya, di mana dia memposting tentang kisahnya.

Anaknya yang baru lahir memberinya kekuatan untuk bertarung.
“Saya tahu saya harus bangkit dan menjaga diri saya sendiri untuk merawatnya””
Posting online tentang pengalamannya telah memfasilitasi pemulihannya.
“Membantu orang lain telah membantu saya,’ katanya.
“Ketika saya mulai berbagi di Instagram, saya ingin menormalkan fakta bahwa beberapa dari kita berbeda tetapi kita sama.”
Jika dia belajar mencintai tubuhnya apa adanya, dia segera menyadari bahwa dunia tidak merasakan hal yang sama.
“Saya belajar fashion dan desain jadi saya ingin memakai apa yang ingin saya kenakan,’ katanya.

Dia ingat berada di Australia untuk operasi, di mana dia menerima banyak perhatian yang tidak diinginkan.
“Orang orang berkata, ‘Kamu aneh’ dan orang tua akan memberi tahu anak-anak mereka, ‘Jangan lihat dia:
ltu membuatku merasa seperti alien.’

Fashion dapat membantu mematahkan ketidaktahuan, Hammad percaya itu.
“Fashion berubah, tetapi itu berjalan sangat lambat,’ katanya.
“Saya ingin industri ini lebih inkiusif dalam hal pemotretan, seperti yang telah kita lihat dengan model dengan berbagai ukuran.
Mari tambahkan pakaian untuk penyandang disabilitas, dan perkenalkan model penyandang disabilitas yang lebih berbeda.

Baca Juga :  Fuidy Luckman : Tahun Baru Imlek 2024 Bersama Pesta Demokrasi Menuju Harapan dan Harmoni Bagi Indonesia

Ini akan mendorong orang untuk mencintai tubuh mereka.’
Hammad tidak lagi merasa malu dengan penampilannya.
“Untuk wanita yang mengalami masalah dengan kepercayaan diri, saya akan mengatakan, Anda penting. Cintai diri Anda apa adanya dan hanya pernah berubah untuk diri sendiri.

Jadilah berani dan kuat — karena hidup ini sangat sulit.
Setiap orang berjuang dengan cara mereka sendiri dan berjuang dalam pertempuran mereka sendiri. Selalu ada cahaya di ujung terowongan.”

Zainab Al Eqabi
Apoteker Irak yang menjadi atlet dan presenter TV, Zainab Al Eqabi mengalami kecelakaan yang mengerikan setelah sebuah bom ranjau yang meledak di kebunnya di Baghdad ketika dia berusia tujuh tahun.

Peristiwa itu melukai ayah dan saudara perempuannya, dan melukai tangan dan kaki Al Eqabi. Kakinya kemudian diamputasi karena gangren.

“Ayah saya selalu mengatakan kepada saya bahwa dia ingin saya menjadi kuat dan tidak bergantung pada siapa pun,’ kenangnya.
“Dia khawatir melihat saya tumbuh dalam masyarakat di mana akan selalu ada pertanyaan tentang kemampuan saya.

Dia mendorong saya untuk tidak membiarkan siapa pun meremehkan saya.”
Al-Eqabi didorong oleh keluarga, teman, dan gurunya.
Namun, hal hal berubah di perguruan tinggi.

“Saya menyadari bahwa ketika orang orang di dunia yang lebih luas melihat saya pincang, mereka tidak tahu mengapa; mereka tidak tahu apa itu amputasi.

Ketika saya memberi tahu mereka bahwa saya memiliki prostesis, mereka tidak mengerti.
Saya tahu saya harus memulai sesuatu.”
Al Eqabi membuat halaman Facebook bernama Disabled and Proud dan berbagi pengalaman lucu dari kehidupan sehari harinya. “Saya ingin mendobrak penghalang antara saya dan masyarakat.”

Sekarang, pada usia 30, Al Eqabi telah menyelesaikan dua triathlon di UEA, mengangkut Jeep 2000 kg untuk Dubai Fitness Challenge, menyelam secara teratur, dan jadi duta untuk produsen prostetik Ottobock, dan merupakan orang yang diamputasi pertama yang menyajikan acara TV di Timur Tengah. Dia muncul di MBC1, Yalla Banat [Let’s Go Girls], yang dia syuting di Saudi, Mesir, Lebanon, dan Dubai.

“Manajemen tidak pernah meminta saya untuk menutupi kaki saya; mereka percaya pada saya dan tujuan saya.

Mereka menginginkan saya apa adanya. Itu adalah langkah luar biasa dalam hidup saya,’ kata Al Eqabi, yang percaya bahwa semakin banyak orang melihat amputasinya, semakin banyak orang akan berhenti melihatnya dengan pandangan aneh.

(**Wan Ping/jegegkumbanghitam

Share Article :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *