Waspada Isu Sara Cenderung Berkembang Jelang Pilpres 2024

Uritanet, Jakarta –

Wakil ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Sultan B Najamudin mengaku prihatin dengan berkembangnya isu Suku , agama, ras dan antar golongan (SARA) dalam diskursus politik nasional menjelang perhelatan pemilu presiden tahun depan.

“Bersamaan dengan mengerucutnya tiga nama yang dipastikan akan diusung menjadi bakal calon presiden, diskursus politik publik kini cenderung mengalami kemunduran oleh sentimen SARA yang tidak perlu. Sayangnya masih saja ada pihak yang tidak dewasa dalam membangun argumentasi politik dan cenderung mengagitasi publik dengan isu etnis dan lainnya secara terbuka”, ujar Sultan (12/05).

Isu Sara, merupakan ancaman nyata bagi perkembangan demokrasi Indonesia. Sebagai bangsa yang besar, sangat penting bagi semua pihak untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dengan literasi politik yang positif dan bermartabat.

Kita perlu belajar dari pengalaman demokrasi negara-negara maju yang dalam peradabannya sudah lebih dulu memberikan jaminan dan mengakui kesetaraan dan keadilan politik bagi semua warga negaranya.

Baca Juga :  Menteri Muhadjir Effendy Ungkap Langkah Konkret Pemerintah Atasi Kemiskinan Ekstrem

Share Article :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *