Indonesia Beri Bantuan Kemanusiaan untuk Yaman, Sudan, Palestina, dan Vietnam

Menko PMK Muhadjir Effendy (tengah) bersama Kepala BNPB Letjen TNI Dr. Suharyanto (kedua kanan, Duta Besar RI untuk Republik Yaman Y.M. Mohamad Irzan Djohan (kedua kiri) dan Dirjen Informasi dan Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri Sili Nugraha Mauludiah (kanan) melakukan konferensi pers setelah Rapat Koordinasi Tingkat Menteri (RTM) membahas perencanaan dan pelaksanaan pemberian bantuan kemanusiaan dari Indonesia untuk negara-negara yang sedang mengalami krisis, yaitu Yaman, Sudan, Palestina dan Vietnam. di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Selasa (8/10/2024).

Dalam rapat tersebut, diputuskan bahwa Indonesia akan menambah bantuan kemanusiaan melalui dana siap pakai (DSP) yang dikelola oleh BNPB, dengan rincian sebagai berikut:

USD 1 juta untuk Yaman yang terdampak banjir.

USD 1 juta untuk Sudan dan Palestina.

USD 1 juta untuk Vietnam yang baru saja dilanda Topan pada September 2024, melalui dana kerjasama pembangunan internasional.

Selain bantuan pemerintah, masyarakat Indonesia melalui lembaga filantropi turut berpartisipasi dengan mengirimkan bantuan senilai USD 78,5 ribu. Pengiriman bantuan ini dijadwalkan pada 14 Oktober 2024, dengan seluruh mekanisme pengiriman mematuhi peraturan yang berlaku, baik dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) maupun melalui hubungan lembaga filantropi.

“Pemerintah berharap bantuan ini dapat meringankan beban korban krisis kemanusiaan di keempat negara serta memperkuat peran Indonesia dalam perdamaian dan aksi kemanusiaan internasional” tutup Menko PMK Muhajir.

)**Benksu

Baca Juga :  TNI Siap Bersinergi Dengan Lembaga Institusi Negara Menyukseskan Program Pemerintah

Share Article :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *