Pengolahan Sampah Berbasis LCCN Jadi Solusi Less Landfill Policy, Terobosan Ciptakan Carbon Netral dan Sampah Plastik Netral

Menurut Prof.Minoru Fuji, dari Nasional Institute for Environmental Studio, University of Tokyo, bahwa penanganan sampah bisa dilakukan melalui produksi dan pemanfaatan plastik Netral Karbon atau LCCN (Lifecycle Carbon Neutral). Inilah sebuah metode pengolahan sampah dengan emisi polusi udara, seperti emisi Gas Rumah Kaca (GRK) dan limbah berbahaya yang rendah.

Penggunaan teknologi LCCN Ready (waste to steam) ini sudah dilakukan di Jepang, Eropa dan Korea, yang menghasilkan manfaat lingkungan dan ekonomi yang signifikan.

Dengan metode LCCN, limbah domestik dan industri dikumpulkan, dan diangkut ke lokasi site LCCN di industri kompleks, sehingga CCU (Carbon Capture and Utilization) akan lebih mudah diterapkan.

Pengolahan sampah dengan basis LCCN mengolah semua jenis sampah melalui proses panas yang dihasilkan dengan tujuan menghasilkan uap (steam) atau listrik sebagai pilihan. Lalu berbagai senyawa kimia dan residu termasuk CO2 yang dihasilkan akan diproses lebih lanjut untuk diinjeksikan kembali ke dalam steam atau proses produksi tenaga listrik dalam rangka meningkatkan efektivitas produksi melalui konservasi energi.

Baca Juga :  Danpuspomad Letjen TNI Chandra W. Sukotjo Resmikan Mess IKAT 1988

Share Article :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *