Yayasan Batik Indonesia Gelar “Batik Bangkit” Peringati Hari Batik Nasional 2023

Disamping itu, Batik menjadi salah satu kekayaan warisan budaya Indonesia yang mempunyai nilai yang tinggi dan penuh dengan makna filosofis, yang tersebar di seluruh Indonesia. Bahkan Batik diwariskan secara turun temurun hingga menjadi bagian dari budaya Indonesia sejak zaman dahulu.

Batik pun telah mendapatkan pengakuan UNESCO yang mencatat Batik Indonesia sebagai karya agung warisan budaya tak benda (Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity) pada 2 Oktober 2009 lalu. Pengakuan UNESCO ini merupakan bentuk pengakuan strategis atas eksistensi batik dan nilai pentingnya bagi peradaban dan perkembangan kebudayaan. Dan diharapkan agar masyarakat dapat mempertahankan Batik sebagai Living Tradition.

Sedangkan Presiden Republik Indonesia, melalui Keputusan Presiden Nomor 33 Tahun 2009 tertanggal 17 November 2009, juga telah memutuskan bahwa setiap tanggal 2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional. Penerbitan Keppres Nomor 33 Tahun 2009 ini sebagai usaha pemerintah meningkatkan citra positif dan martabat bangsa Indonesia di forum internasional.

Baca Juga :  RUDY PROJECT INDONESIA Support Perhelatan PON XX PAPUA 2021

Share Article :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *