Inilah … Empat Skenario Besar Pilpres 2024

Kita berharap semoga “mimpi buruk” itu tak pernah terjadi. Jangan sampai Pemilu sebagai mekanisme politik elektoral yang konstitusional, justru berakhir tragis dan menghancurkan sendi-sendi kehidupan sosial, politik dan ekonomi. Akhirnya, siapapun pemenangnya akan mengalami kesulitan untuk me-recovery kehidupan berbangsa dan bernegara yang telah terkoyak.

Epilog
Berbagai skenario politik jelang Pilpres 2024 sudah tergambarkan secara gamblang. Bisa jadi hanya dipandang sebagai khayalan, atau sebatas kekhawatiran yang berlebihan. Namun ada hal yang dapat dijadikan catatan penting, bahwa dinamika politik yang ditayangkan dalam bentuk atraksi-atraksi politik para elit partai saat ini, sejatinya mengungkap ambisi politik untuk dapat berkuasa. Bagi yang telah berkuasa ingin melanjutkan pengaruhnya. Sedangkan yang belum berkuasa ingin merebut kekuasaan, dengan segala cara.

Sesungguhnya hasrat untuk berkuasa merupakan bagian dari fenomena psikologis yang bisa memandu seseorang untuk meraih puncak aktualisasi diri. Namun, jika keinginan itu disertai dengan ambisi berlebihan, maka seperti kata filsuf dari Jerman, Karl Robert Eduard von Hartmann, bahwa “Ambisi adalah seperti air laut: semakin banyak orang meminumnya, semakin orang menjadi haus”.

)**Oleh Agus Zaini, Co-founder Cakra Manggilingan Institute

Baca Juga :  Menhan RI Serahkan 2 Unit Helikopter Bell 412 Kepada Puspenerbad

Share Article :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *