Direktorat Pembiayaan Pertanian, Indah Megahwati : Digitalisasi Tingkatkan Produktivitas dan Taraf Hidup Petani

Indah pun memberi contoh digitalisasi pembiayaan online yang telah digunakan pada program Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk pertanian, yang menghubungkan petani dengan perbankan selaku pemberi pinjaman.

Artinya petani dapat mengajukan pinjaman secara online dengan mudah dan cepat. Prosedurnya sederhana dan cepat berkat digitalisasi memungkinkan petani mendapatkan akses ke dana yang dibutuhkan dalam waktu singkat. Petani pun dapat membeli benih, pupuk, alat mesin pertanian, dan pembiayaan investasi pertanian lainnya. Termasuk digitalisasi juga mempermudah proses verifikasi dan evaluasi kredit, untuk mempercepat pencairan dana kepada petani yang membutuhkan pembiayaan, ujar Indah.

“Dengan adanya data dan informasi yang tercatat secara digital, lembaga keuangan dapat melakukan analisis risiko dan penilaian kredit dengan lebih efisien. Saya meyakini digitalisasi dapat meningkatkan efisiensi, mengurangi risiko, dan petani memperoleh akses yang lebih luas terhadap pembiayaan yang mereka butuhkan,” ungkap Indah.

Baca Juga :  Sultan : Telisik Dugaan Konflik Kepentingan Pemegang Saham GoTo-Telkomsel

Share Article :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *