KUR Petani : Ketahanan Pangan Antisipasi Krisis Akibat El Nino

Menurutnya dukungan pembiayaan dari KUR dapat dimanfaatkan oleh petani agar mampu mengambil langkah langkah penting dalam mengurangi dampak buruk El Nino.

Petani dapat menggunakan dana yang diperoleh untuk membeli bibit tanaman yang tahan kekeringan, memperoleh pupuk dan pestisida yang dibutuhkan, serta membeli alat mesin pertanian (alsintan).

“Petani bisa mengakses pembiayaan dengan mudah, murah, dan fleksibel, salah satunya bisa membeli alat mesin pertanian (alsintan) yang bekerja sama dengan perbankan. Dimana uang mukanya cukup rendah hanya 10 persen, bunganya hanya 3 persen, pembayarannya bisa setelah panen atau yarnen,” papar Indah.

Program ini telah mendapatkan payung hukum berupa Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Permenko Perekonomian) No.3 tahun 2023 tentang Pedoman Pelaksanaan Kredit Usaha Alat dan Mesin Pertanian. Melalui program ini, petani bisa membeli traktor, pompa air, cuitivator, sampai drone. Tak hanya itu, petani pun bisa mengembangkan smart farming, green house, sampai perkandangan.

Baca Juga :  Dongkrak Kreatifitas UMKM Jakarta, JNE dan Shopee Beri Pelatihan di GOLLABORASI 2024

Share Article :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *