Mantan Panglima TNI Jenderal Andika Raih Penghargaan Militer Tertinggi Dari Singapura

Share Article :

Uritanet, Jakarta –

Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa dianugerahi penghargaan militer tertinggi Distinguished Service Order (Military), demikian diketahui dari unggahan instagram Kementerian Pertahanan di akun @mindefsg.

“… Andika Perkasa menerima penghargaan atas kontribusinya dalam meningkatkan kerja sama pertahanan antara Singapura dan Indonesia,” tulis akun @mindefsg (10/5).

Dalam video singkat terlihat Andika Perkasa didampingi sang istri, Diah Erwiany Trisnamurti Hendrati Hendropriyono saat menerima penghargaan dari Presiden  Singapura Halimah Yacob.

Sebelumnya, Andika Perkasa juga pernah menerima penghargaan dari Sultan Brunei. Menurut informasi dari KBRI Bandar Seri Begawan seperti dikutip dari situs Kemlu RI, 19 Juli 2022, penghargaan Darjah Paduka Keberanian Laila Terbilang Yang Amat Gemilang Darjah​ Pertama merupakan penghargaan tertinggi Kesultanan Brunei yang diberikan kepada para pemimpin Angkatan Bersenjata.

Penganugerahan Bintang Kebesaran Negara Brunei diberikan langsung oleh Sultan Haji Hassanal Bolkiah dalam rangka Hari Ulang Tahun (Keputeraan) ke-76 Sultan dan Yang Di-Pertuan Brunei Darusslam, dalam suatu upacara pada tanggal 15 Juli 2022, bertempat di Istana Nurul Iman, Bandar Seri Begawan.

Hadir dalam penganugerahan adalah Duta Besar RI untuk Brunei Darussalam, Dr. Sujatmiko, Asintel Panglima TNI, Mayor Jenderal Andjar Wiratma.

Baca Juga :  Peringati HUT Ke-76,TNI AU Gelar Bazar dan Layanan Vaksinasi se-Indonesia

Sultan Haji Hassanal Bolkiah selain menjabat sebagai Sultan dan Yang Di- Pertuan Negara Brunei Darussalam, juga adalah Menteri Pertahanan dan Pemerintah Tertinggi Angkatan Bersenjata Diraja Brunei serta Menteri Luar Negeri dan Menteri Ekonomi dan Keuangan Brunei.

Menurut Duta Besar RI untuk Negara Brunei Darussalam, Dr. Sujatmiko, penganugerahan Bintang Kebesaran ini menunjukkan kuat dan eratnya hubungan RI dan Brunei Darussalam, utamanya di antara Angkatan Bersenjata Diraja Brunei (ABDB) dan Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Sebelumnya, Andika Perkasa juga pernah dianugerahi salah satu penghargaan tertinggi Australia.

Andika Perkasa, menerima penghargaan sebagai perwira kehormatan Order of Australia (Divisi Militer), sebagai pengakuan atas perannya dalam membangun kerja sama antara tentara Australia dan Indonesia.

Duta Besar Australia untuk Indonesia, Penny Williams mengatakan bahwa, penghargaan ini merupakan sebuah apresiasi atas pencapaian karir Jenderal Andika, terutama komitmennya dalam meningkatkan kerja sama antara kedua Angkatan Darat saat menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad).

Baca Juga :  Plt Ketua TP PKK Lomba Pemanfaatan Pekarangan Sebagai Sumber Karbohidrat Tingkat Provinsi

“Upaya Jenderal (saat ini purnawirawan) Andika dalam memperkuat hubungan pertahanan antara Angkatan Darat Australia dan Indonesia telah meningkatkan kemampuan Australia dan Indonesia untuk bekerja sama dalam mendukung tujuan keamanan bersama kita,” kata Dubes Williams seperti disampaikan dalam keterangan tertulisnya.

“Jenderal (saat ini purnawirawan) Andika telah menjalankan peran penting dalam membangun kepercayaan dan memperkuat hubungan profesional antara militer kita di semua tingkatan,” tambah Dubes Williams.

Andika Perkasa juga pernah menerima penganugerahan medali The Legion of Merit, Degree of Commander dari pemerintah Amerika Serikat (AS) yang ditandatangani oleh Menteri Pertahanan AS, Mark Esper.

Medali kehormatan tersebut disematkan secara langsung oleh KSAD AS Jenderal James C McConville pada upacara resmi penyambutan di Whipple Field, Arlington, Amerika Serikat, 30 Januari 2020.

Medali itu diberikan sebagai bentuk penghargaan atas pengabdian yang luar biasa dan telah memperkuat hubungan Angkatan Darat Indonesia dan AS, sehingga memberikan kontribusi positif bagi stabilitas keamanan kawasan Indo-Pasifik.

Demikian pula atas inisiatif Andika Perkasa telah dimulai pertukaran latihan satuan pada November 2019 dan pengiriman satuan TNI AD yang lebih besar untuk berlatih di Joint Readiness Training Center (JRTC) Fort Polk, Louisiana, Amerika Serikat.

)***git

Share Article :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *