KeMenKo Perekonomian Gandeng WIR Group Tampilkan Teknologi Imersif Ekosistem Digital di FEKDI 2023

Share Article :

Uritanet, Jakarta –

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia (Kemenko Perekonomian) berkolaborasi bersama WIR Group hadirkan teknologi imersif bagi pengembangan ekosistem ekonomi melalui ajang Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) 2023.

Perlu diketahui WIR Group (PT WIR Asia Tbk) perusahaan teknologi berbasis Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR) dan Artificial Intelligence (AI) terkemuka di Asia Tenggara bersama dengan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia (Kemenko Perekonomian) menghadirkan ekosistem ekonomi dan keuangan digital.

Dan diajang ini, WIR Group menampilkan dukungan teknologi interaktivitas melalui mesin IoT DAV, AR untuk industri retail, dan platform jejaring toko virtual oleh Mindstores.

Sekaligus ajang FEKDI 2023 merupakan ajang tahunan yang diselenggarakan Bank Indonesia bekerja sama dengan Kementerian Perekonomian ( 7-10 Mei 2023) di Hall B, Jakarta Convention Center yang dibuka Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia Airlangga Hartarto.

Bertemakan “Synergy and Innovation of Digital Economy: Fostering Growth”, FEKDI 2023 juga merupakan bagian dari rangkaian acara Keketuaan ASEAN Indonesia 2023.

Hal ini selaras dengan visi dan misi WIR Group sebagai perusahaan anak bangsa dalam menyediakan solusi teknologi untuk memberikan inovasi yang berdampak pada pertumbuhan ekonomi digital. Untuk itu, sinergi WIR Group dengan instansi pemerintahan ini merupakan inisiatif yang strategis bagi kemitraan publik-swasta dalam mendorong transformasi digital di Indonesia.

Baca Juga :  Progres Proyek KCJB Capai 88,8 Persen Diharapkan Meningkatkan Mobilitas, Daya Saing, dan Pertumbuhan Ekonomi Baru

Gupta Sitorus, Chief of Marketing and Sales WIR Group, mengatakan rasa terima kasihnya kepada Kemenko Perekonomian yang telah mempercayai WIR Group untuk hadir menampilkan ekosistem teknologi digital yang interaktif dan imersif.

WIR Group sebuah perusahaan penyedia solusi teknologi karya anak bangsa, terus berupaya untuk memberikan kontribusi termasuk di dalam percepatan transformasi digital serta pertumbuhan ekonomi negara. Kolaborasi WIR Group dalam kegiatan ini akan menciptakan tujuan bersama dari perusahaan serta pemerintah dalam hal meningkatkan dukungan, partisipasi, dan sinergi dari industri, kementerian/lembaga, serta masyarakat terhadap kebijakan dan inisiatif terkait transformasi digital.

WIR Group dalam partisipasinya mempertunjukan berbagai solusi teknologi dengan menawarkan pengalaman yang menarik dan unik bagi pengunjung eksibisi. Salah satunya WIR Group menampilkan mesin IoT DAV di mana dalam penerapan nyatanya mesin ini telah diletakan di ribuan gerai retail dan ruang publik di berbagai daerah di Indonesia.

Penerapan mesin IoT DAV juga diharapkan mampu mendorong agenda transformasi digital Indonesia menuju era smart society.

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia (Kemenko Perekonomian) melihat kemajuan teknologi di Indonesia memiliki peluang untuk menjadi salah satu negara dengan kekuatan ekonomi terbesar di dunia, termasuk ekonomi digital, mengingat jumlah pengguna internet di Indonesia pun semakin bertambah.

Baca Juga :  Wamenparekraf: Perolehan Medali Kontingen Indonesia di Asian Para Games 2022 Lampaui Target

Peluang ekonomi yang diciptakan bersamaan dengan inovasi digital akan mendorong perekonomian dan keuangan digital serta memperkuat ketahanan dan kebangkitan ekonomi nasional. Untuk itu, WIR Group sebagai salah satu pemimpin industri penyedia jasa teknologi di Indonesia diharapkan dapat menjadi salah satu garda terdepan dalam mendukung semangat akselerasi transformasi digital Indonesia.

Tidak hanya itu, WIR group juga menampilkan beberapa modul yang menunjukkan interaktivitas masa depan diantaranya Magic Mirror, sebuah layar yang dapat digunakan pengunjung untuk berfoto dengan objek digital berupa hiasan kepala tradisional Indonesia.

Terdapat juga permainan musik angklung yang terintegrasikan dengan teknologi AR di mana permainan ini menggunakan fitur voice recognition dari suara musik angklung yang dimainkan terhadap layar.

Begitu pula, dalam sektor finansial, WIR Group juga sedang menjalin kolaborasi dengan berbagai lembaga keuangan termasuk perbankan untuk menjajaki kerjasama dalam ekosistem teknologi interaktif dan imersif.

Ekosistem ini diharapkan dapat mendukung lembaga keuangan secara strategis salah satunya dengan meningkatkan pelayanan digital kepada nasabah demi mengoptimalkan nilai tambah dari ekonomi digital.

Selain itu, solusi bisnis end-to-end yang ditawarkan oleh WIR Group, akan memperkuat jangkauan ribuan masyarakat untuk terus aktif dalam pelaksanaan transformasi digital.

)***tjoek

Share Article :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *