Kembangkan Budi Daya Kacang Inca yang Kaya Manfaat

Uritanet, – Kalian tentu tahu dengan kacang ‘Sacha Inchi’ atau sering disebut kacang inca. Komoditas ini memiliki nama latin Plukenetia volubilis, dikenal masyarakat luas dengan sebutan kacang gunung.

Estu Priyo Wibowo selain rajin mengemban amanah tugas fungsional perkarantinaan, ternyata memiliki keahlian khusus dalam budi daya tanaman. Setiap waktu senggang setelah bekerja, menyempatkan diri berbaur dengan alam mengembangkan budi daya tanaman inca.

Tanaman inca memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan. Bijinya mengandung asam lemak, minyak hasil ekstraksi biji dapat dimanfaatkan sebagai bahan kosmetik, minyak sacha inchi untuk pengobatan.

Dalam kesempatan lalu Bambang, Kepala Badan Karantina Pertanian melakukan kunjungan kerja ke Semarang dan singgah memberikan arahan terkait budi daya tanaman inca, agar dikelola dengan baik. Komoditas ini memberikan peluang pasar yang menjanjikan.

Perlu kita ketahui bahwa daun inca ini dapat diolah untuk bahan makanan, biji berbentuk menyerupai bintang dengan tekstur keras dapat dimakan sebagai cemilan sehat dan aneka produk lainnya. Pengembangan ini perlu ditingkatkan sehingga menjadi populer dan produk unggulan hingga bisa menembus pasar mancanegara.

Tentunya perlu memanfaatkan peluang positif pengembangan budi daya inca secara berkelanjutan. Dapat menghasilkan produk berkualitas, berdaya saing di pasar domestik hingga pasar internasional.

)***Yuri/ Endah/ BerantanSemarang

Komentar