“Balpil” Animasi Superheroes Karya Anak Negeri

Uritanet, – _Sebagai upaya mendorong kebangkitan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja_ Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi hadirnya “Balpil” animasi superheroes karya anak negeri. Balpil adalah salah satu proyek IP (Intellectual Property) yang telah dimulai dari tahun 2011, bercerita tentang robot masa depan yang ditugaskan untuk mendampingi anak-anak sekawan Bhinneka untuk mencegah Perang Dunia ke-3 yang berpotensi meluluhlantakkan bumi dan umat manusia.

Balpil superhero lokal yang terinspirasi fauna khas Indonesia itu, membawa pesan kepada generasi muda bahwa kekuatan fisik, intelektual, sosial, dan spiritual (FISOS) merupakan landasan penting dalam menghadapi persaingan global. Dan Menparekraf Sandiaga dalam “The Weekly Brief with Sandi Uno” yang diselenggarakan secara _hybrid_ dari Gedung Sapta Pesona (10/11), mengatakan mendukung karya animasi buatan anak bangsa agar terus berkembang.

“Dari Kemenparekraf, kita akan fasilitasi dengan PP 24 tahun 2022, ini adalah turunan dari Undang-undang Nomor 24 tahun 2019, yang di mana Presiden menginstruksikan kami agar pembiayaan berbasis IP diwujudkan dalam bentuk Hak Kekayaan Intelektual yang bisa menjadi kolateral, bisa menjadi jaminan pinjaman termasuk pinjaman bank,” kata Menparekraf.

Menparekraf berharap Balpil akan terus berkembang dan memberikan kontribusi kepada perekonomian Indonesia dengan karya-karya yang berkualitas.

“Bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan, diharapkan episode ini dapat menjadi momentum refleksi dalam menjaga dan merawat nilai-nilai perjuangan di kehidupan kita,” kata Menparekraf.

Sementara itu, Project Director Balpil, Holip Soekawan, mengatakan Balpil merupakan serial animasi original dari Indonesia, yang menampilkan pesan tentang Bhineka Tunggal Ika dan kekayaan Indonesia kepada dunia.

“Visi kami ingin mengekspos kekayaan Indonesia dimulai dari 4 tokoh yg ada, seperti tokoh harimau ini berdasarkan harimau Sumatra, ikan arwana, dan masih banyak sekali fauna di Indonesia,” kata Holip.

Executive Produser, Adam Jagwani menyampaikan bahwa Balpil bukan sekadar animasi superhero, tapi juga ingin menyampaikan  pesan moral yang universal, yakni pentingnya hidup seimbang atau _balanced life_.

“Memang animasi Balpil ini bukan hanya superhero, tapi kami ingin menyampaikan bahwa pentingnya generasi muda itu untuk hidup seimbang,” kata Adam.

)***benksu

Komentar