Mayen TNI Achmad Daniel Chardin Ikuti Perhelatan Medan Sunset Ride LTBA 2022

Uritanet, – Panglima Kodam I Bukit Barisan, Mayor Jenderal (TNI) Achmad Daniel Chardin bersama lebih dari 100 pecinta sepeda, bakal mengikuti Medan Sunset Ride LTBA (Lake Toba Bike Adventure) 2022 di kota Medan, yakni akan keliling kota sejauh 15 KM. Dalam rombongan ikut serta unsur Forkopimda Sumatera Utara dan masyarakat luas.

Kegiatan ini merupakan rangkaian pembuka LTBA 2022, peserta ke Danau Toba untuk mengekplorasi keindahan alam yang ada di sana. Panglima dan rombongan start dari Lapangan Banteng menyusuri obyek-obyek wisata dalam kota untuk kemudian finis di Istana Maimun. Ikon Kota Medan yang tak pernah sepi dari kunjungan wisatawan.

Istana Maimun didesain arsitek Capt Theodoor van Erp, seorang tentara Kerajaan Belanda atas perintah Sultan Deli, Sultan Ma’moen Al Rasyid. Pembangunan dimulai 26 Agustus 1888 dan selesai pada 18 Mei 1891. Memiliki luas 2.772 M2 dan 30 ruangan.

Istana ini terdiri dari dua lantai dan memiliki tiga bagian ; bangunan induk, sayap kiri dan sayap kanan. Bangunan menghadap ke timur pada sisi depan terdapat bangunan Masjid Al-Mashun atau yang lebih dikenal dengan sebutan Masjid Raya Medan.

Nama Maimun diambil dari nama permaisuri sultan, Siti Maimunah. Kata Maimun, dalam bahasa Arab yang berarti berkah, menjadi bukti cinta sultan kepada permaisurinya.

Tercatatat 50 pesepeda yang akan menjelajahi kawasan Danau Toba. 43 orang bersepeda, sementara tujuh orang lainnya datang tapi tak ikut mengayuh pedal, jelas CEO Rudy Project, Julita M Saragih.

Dan Julita M Saragih, putri asli Sumatera Utara ini, sosok perempuan yang tak henti-hentinya mengkampanyekan keindahan Danau Toba agar jadi destinasi unggulan pariwisata Indonesia.

)***

 

Comment