‘Pesona Batik Nusantara’ Grand Metropolitan Mall Lestarikan Budaya Bangsa Didukung Penuh Pemkot Bekasi

Uritanet, – Menyambut Hari Batik Nasional (2/10) untuk mengaungkan dan melestarikan warisan Budaya Bangsa, Grand Metropolitan Bekasi resmi membuka gelaran Pesona Batik Nusantara (01/09). Hadir dalam gelaran Opening Pesona Batik Nusantara tersebut, Deded Kusmayadi, Plt. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Abdillah, Kepala Dinas Koperasi dan UKM, dan perwakilan dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian, serta Santoso, Direktur PT. Metropolitan Land. Tbk beserta jajaran.

“Pesona Batik Nusantara”, sebuah rangkaian kegiatan yang mengenalkan beragam batik Nusantara sekaligus upaya untuk mendekatkan kreasi batik Nusantara pada destinasi hiburan sehari-hari (mat), sehingga edukasi akan penting dan berharganya nilai-nilai karya Nusantara dapat tercapai.

Pesona Batik Nusantara Grand Metropolitan Mall Bekasi menyuguhkan kegiatan menarik yang dapat dinikmati pengunjung Grand Metropolitan Mall mulai 1-9 Oktober 2022 lewat suguhan karya batik serta tenun dari booth-booth yang menjajakan aneka macam produk Batik yang bisa dibeli dan dimiliki oleh para pengunjung.

“Acara ini sebagai sarana masyarakat untuk mendapatkan informasi seputar batik dan kerajinan, yang dapat memberikan pengalaman menarik bagi pengunjung. Para pelaku industri batik juga memiliki sarana untuk bisa mengembangkan ide kreasi dan inovasi sehingga menghasilkan produk eksklusif dan bernilai jual tinggi” jelas Santoso, Direktur PT Metropolitan Land Tbk pada acara seremonial pembukaan (1/10).

Dan didukung dengan visual, dekorasi dan suasana Nusantara yang kental dapat membuat pengunjung yang datang menikmati kegiatan ini dengan nyaman dan hangat.

“Kami berharap masyarakat dapat mampu mengenal batik lebih luas lagi dan mampu mengembangkan pare pelaku usaha batik khususnya UMKM”, ujarnya lanjut Santoso.

Disisi lain, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bekasi menyambut baik gelaran ini sebagai salah satu cara melestarikan Batik dan untuk lebih mengenalkan aneka macam Batik yang banyak jumlahnya.

“Kami sangat mendukung terselenggaranya acara ini sebagai salah satu bentuk melestarikan Warisan Budaya Bangsa, yakni Batik apalagi disugguhkan dengan pertunjukkan Budaya yang menarik, sehingga kearifan lokal Budaya Indonesia semakin menonjol melalui gelaran ini,” ucap Deded.

Senada dengan Deded, Abdillah selalu Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Bekasi mengaku sangat berterima kasih kepada Grand Metropolitan Mall karena sudah berinisiatif menggelar Pesona Batik Nusantara.

“Terima kasih kepada Grand Metropolitan Mall yang telah menggelar Pesona Batik Nusantara ini, karena sudah membantu menyediakan wadah bagi para penggiat UMKM di bidang fashion terutama Batik, untuk dapat mempromosikan dan menjajakan produk-produknya ke khalayak luas,” ujar Abdillah.

Sementara itu, Pesona Batik Nusantara Grand Metropolitan Bekasi menyuguhkan gelaran fashion show oleh para designer atau perancang busana seperti Defrico Audy, Sonny Muchlison, Dana Duriatna, Yoyok Prasetyo, Jeni Tjahyawati, Nina Nugroho, Lenny Rafael dan sejumlah perancang busana lainnya.

Sedangkan peserta yang menjajakan produknya di booth-booth yang tersedia ada Dian Pelangi, Koleksi Batik Bekasi dari Dekranasda Kota Bekasi, Batik Pulasaran, Ethnic KJ Batik, Vio Vibes, Indadari Batik, Batik Sakera hingga Batik Trusmi yang berlokasi di main atrium, Grand Metropolitan Bekasi, dan berbagai lomba fashion show untuk anak-anak maupun dewasa, pelatihan membatik, talkshow mengenal batik, beauty class, pameran dan lomba fotografi hingga donor darah.

Mari bersama keluarga atau teman kunjungi event Pesona Batik Nusantara di lobby Grand Metropolitan Mall hingga 9 Oktober 2022 mendatang dan dapatkan batik-batik yang cantik dan otentik untuk Abang, Mpok semuanya miliki.

Grand Metropolitan mulai beroperasional normal setiap hari pukul 10.00 – 22,00 WIB dengan terus mengedukasi pengunjung untuk selalu menerapkan protokol kesehatan seperti tetap memakai masker dan menggunakan aplikasi pedull lindungi yang berlaku dipintu masuk dan keluar mal.

)***

Komentar