Siapkan Seluruh Unsur Demo Udara Pada Peringatan HUT ke-77 TNI

Uritanet, – Seluruh unsur yang terlibat demo udara peringatan HUT ke-77 TNI tahun 2022, memulai geladi hari pertama. Sebanyak tiga flight penerbangan, terdiri dari Rydder Flight 8 pesawat F-16, Jupiters Aerobatic Team (JAT) 6 pesawat KT-1 Wongbee dan Tri Matra Flight 8 helikopter tiga matra TNI, melaksanakan terbang lintas di atas Istana Merdeka Jakarta (30/09).

Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau) Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah,S.Sos kepada media di Terminal Selatan Halim Perdanakusuma Jakarta menyebutkan, seluruh unsur demo udara memulai gladi kotor I. Pesawat melaksanakan take off dari Lanud Halim Perdanakusuma, menuju initial point dan melaksanakan terbang melintas di atas Istana Merdeka, Jakarta.

“Hari ini kita melaksanakan geladi kotor pertama. Semua unsur-unsur demo udara sudah melakukan terbang lintas di atas Istana Merdeka, sesuai dengan waktu yang telah ditentukan,”ujar Kadispenau.

Kadispenau menjelaskan TNI AU mendapat tugas dari Panglima TNI untuk menyiapkan demo udara pada peringatan HUT ke-77 TNI tahun 2022.

“Sesuai arahan Panglima TNI,Kasau menyiapkan tiga flight, yaitu flight F-16 (8 pesawat) gabungan Skadron Udara 16,14 dan 3,Jupiter Aerobatic Team Skadik 102 (6 pesawat KT-1 Wongbee), dan flight gabungan helikopter TNI (2 EC-725 Caracal TNI AU, 2 NAS 332 Super Puma TNI AU, 2 AH- 64E Apache TNI AD, dan 2 AS 565 MBE Panther TNI AL,”jelas Kadispenau.

Sebelum pelaksanaan geladi,seluruh kru pesawat telah melaksanakan briefing penebangan terkait safety,  koordinasi waktu, lintasan, dan juga hal-hal yang bersifat teknis lainnya. Semuanya disimulasikan seperti waktu pelaksanaannya, dan juga rute yang telah direncanakan. Latihan akan dilakukan (2/10) Geladi Kotor II, dan Senin (3/10) Geladi Bersih.

“Berikutnya kita akan melaksanakan latihan di hari Minggu dan gladi bersih hari Senin, kemudian mereka akan terbang menuju ke holding point masing-masing,pesawat tempur berada di selatan kurang lebih di area Cibinong kemudian JAT akan berada di Utara Jakarta, kemudian Helikopter di Cempaka Putih. Mereka pada waktunya akan masuk ke track di atas Istana Merdeka yang waktunya sudah di tentukan,” kata Kadispenau.

Rydder Flight dipimpin Mayor Pnb Bambang Aulia dengan 8 pesawat F-16 Skadron Udara 16 akan melaksanakan flypast formasi Arrow head dan Bomb Burst,Tri Matra Flight dipimpin Letkol Pnb Imanuel Simarmata yang terdiri dari dua elemen akan membawa bendera Merah Putih dan bendera Tri Matra TNI ukuran 20×30 meter,pada saat gladi I,bendera tri matra diganti dengan bendera latihan. Sedangkan Jupiters Aerobatic Team Skadik 102 dipimpin Letkol Pnb Ripdho Utomo melaksanakan 10 manuver udara selama 12 menit di atas Istana Merdeka.

)***

Komentar