Kecamatan Mustikajaya Gelar Festival Adu Bedug dan Dondang

Uritanet, – Demi memperkenalkan dan melestarikan budaya khas Betawi yang ada di Kota Bekasi, Kecamatan Mustikajaya menyelenggarakan Festival Adu Bedug dan Dondang yang dihelat 21 – 22 Mei 2022 di stadion H. Natrom Nursyamsu, Mustika Jaya.

Tradisi Adu Bedug adalah tradisi mengarak bedug keliling kampung yang diadakan setelah hari raya Idul Fitri. Bagi warga Kota Bekasi hal ini merupakan hiburan setelah merayakan Idul Fitri. Sedangkan, Adu Dondang merupakan serahan dari pengantin perempuan kepada pengantin laki-laki yang berisikan makanan, khususnya makanan khas Betawi dalam sebuah wadah besar. Jadi akan dipilih Dondang mana yang paling menarik yang akan menjadi pemenang.

Baca Juga :  Dukungan CSHE Untuk Peningkatan Desa Wisata Taro

Camat Mustikajaya, Gutus Hernawan mengungkapkan festival tersebut tidak hanya mempersembahkan Adu Bedug dan Adu Dondang, melainkan akan menghadirkan banyak penampilan seni dan budaya lainnya. Ada penampilan pencak silat, wayang golek, tari Topeng khas betawi dan juga ada bazaar kuliner penggiat-penggiat UMKM di Kota Bekasi serta akan ada beberapa booth yang menyajikan produk-produk unggulan UMKM.

Festival Adu Bedug dan Dondang di tahun ini adalah event ke-15 kalinya digelar diharapkan mampu menarik antusias pengunjung yang banyak. Terakhir, seraya mengajak, “yuk, Abang, Mpok, semua warga Kota Bekasi kunjungi dan meriahkan Festival Adu Bedug dan Dondang yang akan berlangsung selama 2 hari, mulai hari Sabtu (21/05) dan Minggu (22/05), Gratis untuk hiburan meriah Abang, Mpok semuanya,” pungkas Gutus.

Baca Juga :  Dukung Budaya Erau Jadi Intangible Cultural Heritage UNESCO

Share Article :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *