Khasiat Sarang Semut Asal Biak, Terasa Sampai Ke Bima

Share Article :

Uritanet, –  Sarang semut adalah istilah Indonesia untuk menyebut suatu genus Myrmecodia. Sejenis tanaman Mirmekofita epifit yang berasal dari Asia Tenggara. Sarang semut bila diolah, dapat menjadi obat herbal untuk berbagai jenis penyakit. Dilansir dari artikel Halodoc, sarang semut dapat mengatasi penyakit jantung, mengobati kanker, ambeien, rematik, dan sebagai sumber antibiotik. Salah satu cara pengolahannya dengan dikeringkan, lalu direbus dengan air, kemudian diminum.

Baca Juga :  Terawan: Vaksin Nusantara Aman Bisa Lawan Mutasi Virus Corona

Karantina Pertanian Biak kedatangan 1 kg sarang semut yang akan dikirim ke Bima, Nusa Tenggara Barat. Pejabat Karantina Pertanian Biak langsung memeriksa sarang semut yang dilaporkan.

“Kami sudah melakukan pemeriksaan secara fisik. Hasilnya sarang semut dinyatakan sehat. Kami tidak menemukan adanya gejala atau tanda serangan hama penyakit tumbuhan berbahaya,” terang Marco, Pejabat Karantina Pertanian Biak yang memeriksa.

Kepala Karantina Pertanian Biak, A. Azhar, menegaskan bahwa setiap komoditas yang dilaporkan harus dipastikan kesehatannya.

Baca Juga :  Yeferi Alami Perubahan Drastis Pada Penyakitnya Setelah di Suntik Vaksin Nusantara 

“Semua komoditas yang dilaporkan kepada kami, akan diperiksa dan dipastikan kesehatannya. Termasuk sarang semut yang dilaporkan tersebut. Semua ini demi menjaga kelestarian sumber daya hayati dan hewani di seluruh Indonesia,” tegas Azhar.

 

 

Share Article :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *