#KembaliKeBioskop, Sandiaga Uno : Langkah Meningkatkan Kembali Industri Perfilman

sandiaga-uno-dalam-acara-nonton-bareng-film-tjoet-nja-dhien

URITANET – Menparekraf Sandiaga Uno menggelar acara nonton bareng film “Tjoet Nja’ Dhien” (1988) yang sebelumnya telah menjalani proses restorasi menyeluruh di Belanda.

Proses restorasi dilakukan dengan mentransformasi film dari pita seluloid ke DCP (Digital Cinema Package) sehingga gambar lebih bersih dan detail serta warna semakin tajam. Durasi film yang sebelumnya 130 menit juga dipangkas menjadi 106 menit karena berbagai pertimbangan teknis.

Usai acara nonton bareng film “Tjoet Nja’ Dhien” di Plaza Senayan XXI Jakarta yang dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin, Menparekraf Sandiaga Uno Minggu (30/5/2021), mengatakan, acara nonton bareng ini selain sebagai cara untuk merayakan kembali pencapaian salah satu film terbaik karya anak bangsa, juga merupakan bagian dari menggalakkan kampanye #KembaliKeBioskop.

“Film ini awalnya sempat mengalami kesulitan (keuangan) dalam proses produksinya. Tapi dengan kepemimpinan Pak Eros (Eros Djarot sebagai sutradara) bisa terselesaikan semuanya. Ini merupakan bentuk perjuangan Pak Eros, yang dengan segala keterbatasannya berhasil menghadirkan satu film yang sangat epik, terbukti berhasil mendapatkan delapan Piala Citra. Jadi tepuk tangan untuk Pak Eros dan seluruh tim,” kata Menparekraf Sandiaga Uno.

Selain Eros Djarot, turut hadir dalam kesempatan ini, aktris Christine Hakim sebagai pemeran Tjoet Nja’ Dhien, Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Ekonomi Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf Neil El Himam, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Periode 2011-2014 Sapta Nirwandar, Kepala Biro Komunikasi Kemenparekraf/Baparekraf Vinsensius Jemadu, serta sejumlah tokoh dan komunitas Aceh.

Baca Juga :  Kemenparekraf Kolaborasi Dengan IDI Dalam Pengembangan Wisata Kesehatan

Share Article :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *