Polemik Lepas Jilbab Paskibraka Nasional, Ingin Hormati Pancasila dan ke-Bhinneka-an, Justeru Keberagaman Harus Dijunjung Tinggi

Uritanet, Jakarta –

Wakil Ketua Komite III DPD RI, Mirati Dewaningsih menegaskan jika ingin menghormati Pancasila dan ke-Bhinneka-an, harusnya keberagaman menjadi unsur yang harus dijunjung tinggi. Dan konstitusi telah menjamin setiap warga negara untuk memeluk agamanya masing – masing dan melakukan syariat dalam berpakaian, termasuk menggunakan jilbab bagi kaum muslim. Sementara aturan BPIP alih alih bagian dari menghormati Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika yang diwujudkan dalam nilai-nilai keseragaman Paskibraka, yang konon kabarnya “secara sukarela” Paskibraka Putri untuk melepas jilbabnya. Justru bertentangan dengan Konstitusi Indonesia.

UUD 1945 menyebutkan Indonesia merupakan negara yang terdiri dari suku dan agama yang beragam, seharusnya nilai-nilai tersebut tetap dijaga sebagai upaya dalam menjaga kebhinekaan dalam rangka kesatuan dalam perbedaan.

“Dan sangat mengherankan bila hal tersebut dilakukan oleh seorang pejabat negara yang mengepalai lembaga seperti BPIP ini. Terlebih pakaian jilbab tidak menghambat Paskibraka putri dalam melaksanakan tugasnya sebagai Paskibraka – nya,” ucap Mirati.

Baca Juga :  Promo Miras Holywings ‘Meresahkan’ Ada Konsekuensi dan Sanksi

Share Article :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *