Menko PMK Resmikan Pembukaan Kembali Museum Nasional Indonesia

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mewakili Presiden Joko Widodo meresmikan pembukaan kembali Museum Nasional Indonesia pasca tertimpa musibah kebakaran.

Muhadjir menuturkan, komitmen pemerintah untuk mendukung pemajuan kebudayaan telah tertuang dalam UU Nomor 5 Tahun 2017 yang seyogyanya membawa semangat baru dalam upaya pelindungan, pengembangan, pemanfaatan, dan pembinaan kebudayaan nasional.

“UU Pemajuan Kebudayaan diharapkan dapat memperkuat pengaturan pengelolaan museum yang diharapkan dapat semakin baik memberikan manfaat bagi peningkatan wawasan budayadan kesejahteraan rakyat,” tutur Muhadjir.

Dalam kesempatan itu, Muhadjir turut menyampaikan apresiasi kepada para insan permuseuman yang telah memberikan dedikasi yang besar bagi kemajuan budaya Indonesia. Menurutnya peran kurator, edukator, maupun pemerhati museum dapat memperkuat pembangunan berbasis pada kebudayaan.

“Saya mengucapkan banyak terima kepada pengelola, kurator, edukator, pemerhati museum sekalian atas dedikasi dalam upaya pemajuan museum di Indonesia. Kita perlu terus mengembangkan dan memanfaatkan ruang-ruang museum ini dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan,” ucap Muhadjir.

Baca Juga :  KADIN Kota Bekasi Mencanangkan Gerakan 500 Kepemilikan Izin PIRT

Share Article :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *