Pemerintah Indonesia Serahkan Pilot Susi Air, Kapten Philip Mehrtens, ke Selandia Baru Setelah Proses Pembebasan Berhasil

Pemerintah Indonesia secara resmi menyerahkan Kapten Philip Mark Mehrtens, pilot Susi Air yang sempat disandera, kepada Pemerintah Selandia Baru.

Uritanet – Jakarta September 2024, Pemerintah Indonesia secara resmi menyerahkan Kapten Philip Mark Mehrtens, pilot Susi Air yang sempat disandera, kepada Pemerintah Selandia Baru. Penyerahan ini dilakukan oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Marsekal TNI (Purn.) Hadi Tjahjanto dalam sebuah upacara resmi di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada Sabtu (21/9/2024) malam.

“Atas nama Pemerintah Indonesia, saya menyerahkan Sdr. Philip Mehrtens kepada Pemerintah Selandia Baru, yang diwakili oleh Duta Besar Selandia Baru untuk Indonesia, Yang Mulia Bapak Kevin Burnett. Kepada Sdr. Philip, kami sampaikan selamat berkumpul kembali dengan keluarga,” ujar Menko Hadi Tjahjanto.

Penyerahan ini menandai akhir dari negosiasi panjang yang dilakukan oleh Pemerintah Indonesia, di mana keselamatan Mehrtens menjadi prioritas utama. Pendekatan soft approach yang mengedepankan prinsip-prinsip kemanusiaan berhasil mengamankan pembebasannya tanpa tindakan represif.

Baca Juga :  Sertijab Lingkup Sekretariat Daerah Kota Bekasi Berjalan Lancar

Share Article :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *