Pentingnya Implementasi PAUD HI, Untuk Tingkatkan Kualitas SDM Indonesia

Uritanet

Jakarta— Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Anak, Perempuan, dan Pemuda Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Woro Srihastuti menyampaikan, Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD HI) merupakan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia.

Deputi yang akrab disapa Lisa itu menyampaikan, PAUD HI tidak dilakukan dengan berfokus pada satu aspek dalam tumbuh kembang anak. Misalnya hanya pada aspek pendidikan, atau aspek kesehatan, atau aspek gizi. Tetapi, PAUD HI dilakukan secara holistik integratif supaya anak dapat tumbuh kembang secara optimal.

“Kita ingin memastikan semua kebutuhan esensial untuk tumbuh kembang anak secara optimal dapat diberikan secara terintegrasi, sehingga mereka dapat menjadi anak-anak yang berkualitas kedepannya,” ujar Woro dalam Seminar Naisonal Strategi Investasi PAUD HI Menuju Visi Indonesia Emas 2045, di Kantor Kemenko PMK, pada Ravu (28/8/2024).

Deputi Lisa menyampaikan, bahwa untuk menyiapkan anak-anak yang berkualitas, harus dimulai dari usia yang paling awal, yaitu usia 0-6 tahun, bahkan harus dimulai dari persiapan pembangunan keluarganya.

“Jadi artinya kita juga harus memastikan penguatan bimbingan perkawinan bagi calon pengantin agar mereka siap secara fisik dan emosional untuk memiliki anak termasuk kesiapan dalam pengasuhannya. Selain itu, perlu dipastikan layanan untuk anak kita di setiap tahapan kehidupan mulai dari janin dalam kandungan sampai usia 6 tahun itu benar-benar terpenuhi. Ini menjadi satu hal yang harus kita pastikan,” ungkapnya.

Pengembangan anak usia dini dilakukan dengan memberikan layanan untuk memenuhi kebutuhan esensial anak usia dini yang meliputi kesehatan dan gizi, stimulasi persiapan pendidikan dini, pembinaan moral emosional, pengasuhan termasuk perlindungan bagi anak-anak supaya bisa tumbuh kembang secara optimal.

“Jadi ini konsepsi dari PAUD HI. Kita tidak melihat bagaimana penyediaan layanan anak secara parsial,” ujarnya.

Deputi Lisa menyampaikan, PAUD HI penting untuk dilakukan secara serius. Dia menerangkan, pada usia dini, terutama usia 5 tahun pertama kehidupan, pertumbuhan otak manusia berkembang sangat cepat mencapai 90% kapasitas otak manusia dewasa. Perkembangan otak menjadi fondasi untuk kesehatan, capaian kognitif dan pembentukan karakter anak yang menjadi aspek untuk membangun SDM yang lebih baik lagi ke depannya.

Baca Juga :  DPK IARMI Jaktim, Menwa Jayakarta, dan Pemprov DKI Jakarta Berkolaborasi Gelar Bakti Sosial Peringati HUT RI ke-78 di Pulau Tidung

Share Article :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *